Minggu, 24 Juli 2016

Cara Mudah Mendapatkan Update Resmi Pada Ponsel Xiaomi Dengan MIUI ROM Distributor Abal-Abal

Gambar ikon Xiaomi MIUI 8.

Dikarenakan kesibukan di dunia nyata yang cukup menyita waktu, maka baru kali ini Saya menyempatkan diri lagi untuk "terjun" kembali ke dunia maya.

Ada kejadian yang mendorong Saya untuk blogging lagi, yakni Xiaomi. Seperti sempat Saya ulas beberapa waktu yang lalu, pabrikan yang satu ini sungguh menakjubkan dalam hal menelurkan produk serta layanan yang "out of the box".

Karena blog Saya ini agak fokus membahas mengenai smartphone, maka Saya awali dengan membahas smartphone Xiaomi itu sendiri. Di Indonesia sebenarnya Xiaomi tidak hadir secara resmi lewat pabrikannya sendiri, akan tetapi bekerja sama dengan distributor lokal. Maka dari itu, layanan purna jual menjadi agak diragukan. Padahal dari sisi produk nya sendiri, smartphone Xiaomi Saya akui memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan pesaing nya, diantaranya: harga murah jika dibandingkan dengan spesifikasi yang didapat, hardware selalu terdepan jika dibandingkan dengan pesaing, user interface MIUI sangat fleksibel dan menjadi trendsetter, memiliki forum yang kredibel, dll.


Nah, khusus untuk topik kali ini, dimana jikalau Kita membeli smartphone Xiaomi di Indonesia pada saat ini, jika tidak kita perhatikan secara teliti, maka Anda kemungkinan akan mendapatkan smartphone dari distributor yang tidak secara khusus menjalin kerja sama dengan Xiaomi. Biasa nya produk tersebut didapat secara impor oleh pihak importir langsung dari luar negeri, maka biasanya Anda hanya akan mendapat garansi hanya dari pihak distributor tersebut, dan juga biasanya user interface atau ROM MIUI yang didapat pembeli merupakan ROM yang "disuntikkan" secara sendiri oleh pihak distributor tersebut, yang mana berakibat pemilik smartphone akan selamanya tidak akan mendapatkan update dari pihak Xiaomi itu sendiri.

Nah, menurut pengalaman Saya pribadi, yang mana Saya memiliki sebuah smartphone Xiaomi Redmi note 3 pro (Qualcomm) dari distributor yang tidak resmi, dimana ROM MIUI tersebut ada beberapa celah yang Saya rasa cukup mengganggu, selain itu ada rasa ingin mendapatkan update langsung dengan fitur-fitur yang makin menarik.

Pada mulanya Saya mencoba Googling kesana kemari, untuk mendapatkan cara merubah ROM Xiaomi abal-abal Saya agar menjadi "up to date", ternyata jawaban yang Saya dapat malah penjelasan yang sangat rumit (padahal Saya melek komputer), dengan segala resiko yang didapat jika tidak berhasil langkah yang dijelaskan di beberapa website tersebut.

Ada yang menyarankan agar Kita hard reset Xiaomi Kita, ada juga harus download ROM dasar dahulu (dengan file yang besar), juga ada yang selanjutnya download ROM terbaru (dengan ukuran file yang besar juga), ada yang mengharuskan memakai bantuan komputer dengan sistem operasi Windows 64bit, juga ada yang menyuruh download software komputer Mi PC Suite, juga ada yang mengharuskan Kita belajar berbagai istilah asing seperti: flashing, bootloop, dll. Dan kesemuanya itu menurut Saya ruwet dengan resiko yang besar.

Dan pada akhirnya Saya menemukan cara yang jauh lebih mudah dan juga aman dan yang penting resmi dari Xiaomi. Langsung saja Saya jelaskan urutan langkah yang Anda harus lakukan (sebelumnya Anda backup semua data di ponsel Xiaomi Anda):

1.  Anda terlebih dahulu download software komputer buatan Xiaomi, yakni Mi PC Suite disini.

2. Setelah Anda selesai download Mi PC Suite, langsung saja Anda install ke dalam komputer Anda, dan kemudian Anda langsung buka.

3. Kemudian beralih ke ponsel Xiaomi Anda, masuklah ke menu setting atau pengaturan > About phone > System updates > disebelah kanan atas ada lingkaran dengan tiga titik didalamnya (klik-lah) > pilihlah “Reboot to Recovery mode”.

4. Tunggu hingga layar ponsel Xiaomi Anda menjadi gelap, yang kemudian muncul gambar ponsel, langsung Anda tancapkan ponsel Anda ke komputer dengan menggunakan kabel data.

5. Kemudian Anda lihat di software Mi PC Suite apakah ponsel Anda dapat terdeteksi jenis model nya, dan jika belum mampu untuk mendeteksi, maka Anda harus download terlebih dahulu driver dari ponsel Xiaomi Anda disini.

6. Jika sudah Anda download, lalu langsung Anda install pada komputer Anda.

7. Kemudian coba untuk menancapkan ulang ponsel Anda pada komputer serta lihat kembali pada software Mi PC Suite apakah sudah mampu untuk mendeteksi ponsel Xiaomi Anda, dan jika sudah, maka Anda langsung masuk ke menu “update”, lalu pilih lah opsi R.Flash.

8. Anda tinggal mengikuti semua tahapan yang ada, o ya, dilayar komputer Anda akan muncul kode dari versi MIUI yang akan dipasang di ponsel Anda setelah update berhasil, nah menurut pengalaman Saya, secara default Anda akan mendapatkan ROM versi China stable (bukan Global stable), yang mana penjelasan keduanya akan Saya jelaskan pada artikel-artikel berikutnya.

Demikian penjelasan dari pengalaman yang Saya telah alami, semoga dapat membantu Anda dalam memaksimalkan kemampuan dari ponsel Xiaomi Anda.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar: