Selasa, 29 September 2015

Cara Smartphone Android Sebagai Sumber Internet Bagi Komputer Atau Laptop Atau Notebook

Gambar ikon android dengan internet.

Era Warnet (Warung Internet) telah sirna, hal itu diawali karena booming (meledak) nya smartphone beberapa tahun kebelakang. Kenapa bisa seperti itu, tidak lain tidak bukan, semenjak smartphone hadir, Orang akan dengan mudah nya membuka internet lewat smartphone Mereka sendiri-sendiri, disamping itu, ada beberapa Orang juga yang memanfaatkan smartphone sebagai modem atau sumber internet bagi komputer, laptop, notebook Mereka.


Nah, langsung saja, bagi Anda yang masih kebingungan bagaimana caranya sebuah smartphone juga bisa berguna untuk sumber internet perangkat elektronik yang lain, berikut akan Saya jelaskan tahap demi tahap (mungkin beda jenis pabrikan, beda opsi, tapi biasanya tidak jauh perbedaannya).

* Memanfaatkan koneksi internet lewat wifi hotspot smartphone.

1. Persiapkan sebuah komputer atau laptop atau notebook yang mampu menangkap sinyal wifi.
2. Beralih lah ke smartphone Android Anda, Anda masuk ke menu "setting", lalu cari lah opsi "more", carilah "tethering and portable hotspot" (semacamnya).
3. Masuklah ke "portable wifi hotspot setting" (semacamnya).
4. Masuklah ke "configure wifi hotspot", isi nama "network ssid", pilih jenis security, isi password minimal 8 digit.
5. Kembalilah mundur satu langkah, set untuk discoverable untuk menjadi visible agar dapat terdeteksi oleh penerima sinyal wifi.
6. Kembalilah satu langkah lagi, centang opsi "portable wifi hotspot".
7. Beralih lah untuk melihat ke komputer Anda, dibagian kanan bawah ada gambar signal wifi, klik lah, lalu cari nama ssid smartphone Android Anda, lalu klik connect.
8. Selesai.


* Memanfaatkan koneksi internet lewat kabel data smartphone.

1. Siapkan kabel data sebagai alat bantu koneksi antara smartphone Android dengan komputer atau laptop atau notebook.
2. Antara smartphone Android dengan komputer jangan Anda hubungkan dahulu.
3. Beralih lah ke smartphone Android Anda terlebih dahulu, masuklah ke menu "setting", lalu Anda cari opsi "developer options" (Jika Anda tidak dapat menemukan, Anda dapat baca disini).
4. Lalu centang lah opsi "usb debugging".
5. Berikutnya Anda kembali satu langkah kebelakang, masuklah ke opsi "more", kemudian masuk ke opsi "tethering and portable hotspot".
6. Segera sambungkan smartphone Android Anda dengan komputer dengan menggunakan kabel data yang telah Anda persiapkan sebelumnya, lalu sesegera mungkin Anda centang opsi "usb tethering" pada smartphone Android Anda.
7. Tunggu beberapa saat agar koneksi internet tersambung dengan sempurna, yang ditandai dengan aktif nya opsi "usb tethering"  juga bersamaan dengan itu, ikon komputer di pojok sebelah kanan bawah komputer Anda akan tanpa tanda silang.

8. Selesai.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar: