Rabu, 16 September 2015

Smartphone Android Lenovo A7000 Special Edition Resmi Beredar Di Indonesia

Gambar smartphone android lenovo a7000 spesial edition.

Tanggal 15 September 2015 ini, tepatnya pada pukul 15.00, lewat situs jual beli online Lazada Indonesia, ternyata tanpa gembar-gembor sebelumnya, Lenovo membuka flash sale untuk smartphone android A7000 Special Edition pertama kalinya di Indonesia, dengan penawaran harga khusus Rp.2,4 juta-an saja..

Dengan berharap dapat mengikuti kesuksesan penjualan dengan metode flash sale untuk Lenovo A7000, maka pihak Lenovo memberikan embel-embel “Special Edition” agar lebih menarik juga lebih familiar bagi masyarakat Indonesia.

Dengan promo bahwa ini adalah peningkatan spesifikasi disana-sini dibandingkan dengan A7000 sebelumnya, maka akan lebih menarik bagi calon pembeli. A7000 Special edition ini sebenarnya lebih tepatnya adalah K3 Note yang telah terkenal di negara Tiongkok serta India sebelumnya, atau bisa juga disebut dengan A7000 Plus untuk negara yang hampir bersamaan menggelar flash sale yakni Filipina dan Malaysia.

Baiklah, kenapa Saya secara khusus melakukan review terhadap A7000 Special Edition ini, tidak lain tidak bukan karena Saya rasa inilah smartphone paling valuable (antara harga yang harus dibayarkan lebih murah dari pada kualitas yang didapatka) di pasaran Indonesia pada tahun 2015 ini. Sebagai info, pada awalnya, Saya sempat berpikir bahwa Motorola Moto G 3rd (2015) serta Xiaomi Mi 4i (32 GB) adalah dua yang paling valuable di tahun 2015 ini, hingga akhirnya Lenovo K3 Note atau A7000 Plus ini resmi masuk ke indonesia dengan berganti nama dengan A7000 Special Edition. Baiklah, langsung saja Saya akan membedah smartphone android Lenovo A7000 special edition ini:


1. Desain
Desain dari Lenovo A7000 Special Edition ini sungguh sederhana, dengan sudut yang tidak terlalu tajam pada setiap ujungnya, yang menjadikannya nyaman pada saat dipegang tangan. Bagian tutup belakangnya terbuat dari plastik yang tidak licin, yang anti gores serta jejak sidik jari tangan. Ada beberapa penempatan yang tidak umum, seperti letak dari lubang USB yang diatas, serta kamera belakang yang disudut. Dengan ketebalan sekitar 8mm serta berat sekitar 150 gram, Lenovo A7000 Special Edition ini bukanlah sebuah smartphone tertipis di pasaran, akan tetapi sangat terasa nyaman di tangan.

2. Tampilan layar
Lenovo A7000 Special Edition hadir dengan layar IPS LCD seluas 5,5 inch serta OGS, dengan resolusi Full HD  1080x1920, dengan kerapatan pixel mencapai 401 ppi, sungguh suatu kenikmatan dibandingkan dengan harga yang harus Kita bayarkan. Dengan pengaturan warna yang akurat serta ketajaman dan sudut pandang yang bagus pada layarnya merupakan sisi positif dari Lenovo A7000 Special Edition ini.

3. Kinerja
Lenovo A7000 Special Edition ini memiliki prosesor buatan Mediatek, pada awalnya Saya sempat meragukan tentang kemampuan serta kualitas dari prosesor buatan Mediatek, akan tetapi Saya analisa, bahwa pada saat ini, terutama untuk prosesor dengan sistem 64 bit, kinerja prosesor buatan Mediatek telah melewati prosesor buatan Qualcomm pada umumnya. Dengan prosesor Mediatek MT6752, yang dikunci pada kecepatan 1,7 GHz, serta dibantu dengan GPU Mali-T760MP2 dan RAM sebesar 2 GB, ini adalah kombinasi terbaik di kelasnya. Sebagai perbandingan, dengan harga diatasnya, seperti Motorola Moto G 3rd (yang belum tahu kapan beredar secara resmi di Indonesia) seharga Rp.3,2 juta-an, dengan prosesor Qualcomm Snapdragon Quad Core 410 ataupun Xiaomi Mi 4i versi 32 GB (juga belum tahu akan beredar di Indonesia ataukah tidak) yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon Octa Core 615 yang di kunci pada kecepatan 1,1 GHz dikombinasi dengan 1,7 GHz seharga Rp.3,2 juta-an. Perpindahan layar nya sungguh mulus, dengan skor Antutu Benchmark mencapai 44.926 merupakan suatu pencapaian yang luar biasa jika dibandingkan dengan para pesaingnya di rentang harga yang sama.

4. Hardware
Lenovo A7000 Special Edition hadir dengan memori internal sebesar 16 GB dengan dikombinasi oleh memori eksternal yang mencapai 32 GB adalah sempurna, karena pada saat ini, jika hanya mengandalkan memori internal sebesar 16 GB saja akan mubazir, karena makin lama aplikasi atau permainan dari android sangat membutuhkan tempat yang tidak sedikit. Plus dilengkapi dengan berbagai sensor yang lengkap, seperti Gyroscope, eCompass, Gravity Sensor, Light Sensor, Proximitry, dan Notification LightLenovo A7000 Special Edition juga telah mendukung 4G LTE pada kedua micro SIM nya. Dengan didukung kapasitas baterai sekitar 3.000 mAh, sungguh berlebih jika digunakan secara umum seharian. Untuk kualitas suara speaker nya, Lenovo A7000 Special Edition ini bagus dalam hal kejernihan suara nya, akan tetapi ketinggian pengaturan volume nya agak kurang. Selain itu, penempatan lubang speaker nya yang terletak di tengah pinggir,merupakan lokasi yang tidak umum, mungkin bertujuan agar tidak tertutup oleh tangan pada saat orientasi nya pada posisi landscape. Pada saat menggunakan ear phone, Anda dapat mendapatkan fitur khusus yakni Dolby Atmos, yang membuat hasil suara sungguh nyaman didengarkan oleh telinga.

5. Kamera
Lenovo A7000 Special Edition datang dengan kamera belakang sebesar 13 MP dengan dibantu dual LED flash, yang membuat segalanya menjadi tampak bagus pada saat di foto. Untuk hasil video nya, juga tampak sangat jelas jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi 4i.

5. Software
Lenovo A7000 Special Edition telah memakai Android versi 5.0 Lollipop, dengan modifikasi user interface ciri khas Lenovo Vibe UI 2.5. Vibe UI sendiri makin terlihat matang jika dibandingkan satahun belakang, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu dipoles lebih lanjut, seperti pada saat lock screen, tidak tampak notifikasi sama sekali.

6. Fitur Tambahan
Ternyata Saya baru tahu, ternyata cukup banyak fitur tambahan yang disediakan oleh Lenovo, seperti:
* Posisi layar padam, cukup ketuk 2 kali pada layar, maka layar akan otomatis menyala.
* Posisi layar padam, cukup cukup usap layar bagian bawah dari kiri ke kanan, maka layar akan otomatis menyala.
* Posisi layar padam, usapkan hutuf "V" pada layar, maka aplikasi kamera akan terbuka.
* Pada saat ada panggilan telepon masuk, cukup tempelkan smartphone ke telinga Anda, maka panggilan masuk akan otomatis terangkat.
* Pada saat ada panggilan telepon masuk, cukup letakkan smartphone ke atas meja dengan posisi terbalik, maka akan otomatis suara ringtone menjadi diam.
* Pada saat ada panggilan masuk, smartphone waktu di dalam saku akan mengeluarkan suara yang keras, kalau sudah di luar saku akan mengeluarkan suara yang lebih kecil.

Berikut spesifikasi lengkapnya:

· Teknologi: GSM / HSPA / LTE.
· Dimensi: 152,6 x 76,2 x 8 mm.
· Berat: 150 gram.
· SIM: Dual Micro SIM (dual stand-by).
· Jenis layar: IPS, OGS.
· Ukuran layar: 5,5 Inch (rasio layar terhadap body 71,7%).
· Resolusi layar: 1080 x 1920 pixels (401 ppi).
· Sistem operasi: Android 5.0 (Lollipop).
· Chipset: Mediatek MT6752.
· CPU: Octa-core 1.7 GHz Cortex-A53.
· GPU: Mali-T760MP2.
· Memori internal: 16 GB, 2 GB RAM.
· Memori eksternal: microSD, up to 32 GB.
· Kamera belakang: 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, dual-LED flash.
· Kamera depan: 5 MP.
· Video: 1080p@30fps.
· Baterai: Li-Ion 3000 mAh.

Sebagai informasi tambahan, pesaing terdekat (masih belum beredar di Indonesia) yang bisa mengimbangi Lenovo A7000 Special Edition ini adalah Xiaomi Redmi Note 2, dengan prosesor Mediatek yang lebih bagus serta clock speed lebih tinggi, tetapi sebaliknya dengan kualitas bahan serta kamera yang lebih jelek dibandingkan dengan Lenovo A7000 Special Edition.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

nice, Thanks for information

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas komentar dari Saudari Putri S.