Jumat, 30 Oktober 2015

Review, Spesifikasi, Dan Harga Smartphone OnePlus X Di Indonesia

Gambar foto smartphone OnePlus X.

Pada artikel kali ini, Saya ingin mengulas secara khusus mengenai smartphone terbaru dari pabrikan OnePlus, yang mana baru saja diperkenalkan pada tanggal 29 Oktober 2015 secara bersamaan di beberapa negara, seperti Indonesia, India, Inggris, dll. Dan akan dibuka pre-order untuk versi Onyx pada tanggal 12 Desember 2015 secara eksklusif di salah satu toko online ternama di Indonesia.



Dengan jargon "Flagship Killer" pada setiap lini produk smartphone yang diluncurkannya, maka banyak orang menjadi selalu dibuat penasaran akan spesifikasi seperti apa beserta harga yang disajikan untuk "membunuh" smartphone flagship tersebut.

Saya pun beberapa waktu belakangan ini, selalu didera rasa penasaran, terutama sejak OnePlus memperkenalkan smartphone pertama nya yakni OnePlus One pada tahun 2014, kemudian smartphone kedua nya (pertama sejak berpisah dengan CyanogenMod) pada sekitar bulan september 2015 ini yang diberi nama OnePlus Two, yang mana OnePlus Two ini awalnya direncanakan akan masuk ke negara Indonesia, akan tetapi belakangan tidak jadi mampir ke Indonesia disebabkan oleh beberapa kendala persyaratan yang di minta oleh balai uji milik Indonesia.

Nah, kemudian selisih satu bulan, dengan diawali oleh desas desus bahwa OnePlus akan memperkenalkan lini smartphone baru nya, dimana diberi nama OnePlus X. Huruf "X" disini memiliki maksud Xperimen. Yang mana Xperimen sendiri memiliki arti coba-coba. Dikarenakan biasa nya selama ini, OnePlus hanya membuat lini produk nya untuk melawan smartphone flagship dari para pesaing nya, nah kali ini koq malah membuat smartphone dengan range harga di kelas menengah.

Dari desas desus serta dengan teknik pemasaran dari OnePlus sendiri, yakni memberikan bocoran sedikit demi sedikit lewat media sosial milik OnePlus seperti Twitter, dan dibarengi dugaan dari beberapa situs luar yang memperkirakan spesifikasi dari OnePlus X dengan gambar dugaan desain dari OnePlus X ini beserta perkiraan harga nya, menjadikan Saya menjadi sangat penasaran. Ada yang memperkirakan akan disematkannya sensor sidik jari, anti air, harga sekitar 3 jutaan, sungguh membuat rasa penasaran makin memuncak.

Akhirnya tepat pada tanggal 29 Oktober 2015 ini, yang mana seperti tertera pada undangan yang telah disebarkan, maka berlangsung acara perkenalan smartphone OnePlus X ini. Dimana pada waktu terdahulu, biasanya menggunakan sistem invite (undangan) yang didapatkan dari pembeli yang telah membeli produk OnePlus sebelumnya, hal ini dikarenakan pada waktu terdahulu OnePlus masih belajar cara manajemen pengiriman barang, yang menjadikan pengiriman serta stok menjadi tidak maksimal. Malah sempat pemilik OnePlus mengutarakan keinginannya untuk dapat magang di pabrik Samsung, untuk dapat mempelajari cara distribusi serta manajemen stok yang baik.

Untuk OnePlus X ini, ternyata OnePlus masih menggunakan sistem invite terutama untuk wilayah di luar Asia, seperti Eropa. Sedangkan untuk Indonesia beserta negara Asia lainnya, dapat langsung membeli dengan sistem pre-order.

Langsung saja Saya akan membahas mengenai OnePlus X ini secara lebih mendalam. Saya awali dari desain luar nya, OnePlus X kali ini memberikan dua pilihan bahan dasar pembuatannya, pembeli dapat memilih menggunakan kaca Onyx dengan harga Rp.4 juta atau menggunakan bahan dasar Ceramic yang dijual secara terbatas dengan harga berkisar Rp.5 jutaan.

Keunggulan utama dari OnePlus X ini sebenarnya terletak pada desain nya, untuk smartphone dengan harga tersebut, desain yang diberikan bisa dikatakan kelas atas, kerumitan pembuatan versi Onyx dibuat dari kaca hitam dengan bezel logam untuk mempertegas nuansa premium. Setiap piringan kaca dipotong sesuai ukuran dan dipoles berulang kali hingga diperoleh hasil yang sangat halus, mengkilap hingga seperti cermin. Bobotnya yang hanya 138 gram menjadikannya sebagai smartphone OnePlus paling ringan dan tipis hingga saat ini. Sedangkan untuk versi ceramic sendiri, membutuhkan proses selama 25 hari untuk pengerjaan keramik nya. Dimulai dengan cetakan zirkonia dengan ketebalan 0,5 mm, keramik dipanggang hingga dalam suhu 1.480ÂșC selama lebih dari 28 jam hingga sebelum pendinginan selama dua hari penuh. Setiap piringan keramik OnePlus X mengalami tiga metode penelitian sebelum tahap penggosokan. Anti gores dilapiskan dengan standar kekerasan 8.5H pada skala Mohs. Untuk versi keramik ini sendiri memiliki berat 160 gram.

Dengan ukuran layar 5" Corning® Gorilla® Glass 3, dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tangan pemakai yang terlalu lebar jika memakai layar 5,5". Selain itu, dengan resolusi layar 1080p Full HD, 441 PPI, dengan bahan Active Matrix OLED, maka dimaksudkan untuk menghemat konsumsi daya. Karena kapasitas baterai nya hanya sebesar 2.525 mAh tanpa adanya fitur quick charge.

Untuk koneksi, telah mendukung LTE dual nano SIM. Sayangnya untuk port kabel data nya belum memakai USB cable jenis "C" yang bisa ditancapkan secara bolak balik.

Untuk prosesor nya, memakai Qualcomm® SnapdragonTM 801 processor with 2.3 GHz Quad-core CPUs. Yang mana prosesor jenis ini biasa dipakai oleh smartphone flagship keluaran tahun 2014. Dengan RAM sebesar 3GB LPDDR3. Dibarengi dengan GPU dari Qualcomm® AdrenoTM 330.Serta ruang Penyimpanan internal sebesar 16GB eMMC v5.0, serta dapat dibantu memori eksternal hingga 128 GB (dengan jalan memakai slot SIM 2).

Dengan dibekali sistem operasi buatan OnePlus sendiri yakni OxygenOS based on Android 5.1.1. Yang juga dijanjikan update menjadi Android 6.0 Marshmallow. Sungguh hal-hal yang patut untuk dijadikan unsur kelebihan.

Sebenarnya dari segi desain, layar, prosesor, RAM, smartphone OnePlus X ini sungguh menarik, akan tetapi menurut Saya, ada beberapa faktor yang menjadi pengganjal untuk membelinya, yakni dari segi harga, Saya rasa agak terlalu tinggi, mungkin masuk akal karena bahan pembuatan nya yang mewah. Selain itu, smartphone OnePlus X ini merupakan smartphone hybrid, dimana pada slot nomor dua nya hanya dapat digunakan bergantian, yakni Anda gunakan untuk nano SIM atau untuk SD Card, hal ini menurut Saya sangat mubazir, karena dengan kondisi di Indonesia wajib rasanya untuk menggunakan smartphone dual SIM, selain itu dengan memori internal hanya sebesar 16 GB, maka bantuan SD Card merupakan hal yang wajib.

ARTIKEL TERKAIT:


* Konektivitas:
GSM: 850, 900, 1800, 1900MHz
TDD-LTE: Bands 38/40
WCDMA: Bands 1/2/5/8
FDD-LTE: Bands 1/3/5/7/8/20
CDMA EVDO: -

* Bahan: Ceramic, Onyx.

* Dimensi: 140 x 69 x 6.9 mm.

* Berat: Onyx: 138 g (4.86 oz) dan Ceramic: 160 g (5.64 oz).

* Sistem Operasi: OxygenOS based on Android 5.1.1.

* CPU: Qualcomm® SnapdragonTM 801 processor with 2.3 GHz Quad-core CPUs.

* GPU: Qualcomm® AdrenoTM 330.

* RAM: 3GB LPDDR3.

* Ruang Penyimpanan: 16GB eMMC v5.0 (Expandable storage up to 128GB).

* Speaker: Speaker menghadap ke bawah.

* Microphones: Mikrofon ganda dengan peredaman kebisingan.

* FM Radio: Ada.

* Ukuran layar: 5.0 inch Corning® Gorilla® Glass 3.

* Resolusi layar: 1080p Full HD, 441 PPI.

* Tipe layar: Active Matrix OLED.

* SIM: 2 slots - dapat dipakai menjadi 2 Nano SIM cards (DSDS) atau 1 Nano SIM dan 1 MicroSD card (up to 128).

* Port data & charging: Micro-USB.

* Audio: 3,5mm jack.

* Lampu indikator: 1 LED lampu pemberitahuan (multiwarna).

* Kamera belakang: 13 MP dengan bukaan f/2.2.

* Kamera depan: 8 MP dengan bukaan f/2.4.

* Video: 1080p resolution video.

* Slow Motion: 720p video at 120fps.

* Format Audio yang Didukung: MP3, AAC, AAC+, WMA (v9 and v10), AMR-NB, AMR-WB, WAV, FLAC, WAV, OGG.

* Audio Recording: WAV AAC AMR EVRC QCELP.

* Format Vieo yang Didukung: HEVC (H.265), H.264, MPEG-4, DivX, Xvid, MPEG-2, MP4, MOV, 3GP, AVI, MKV, ASF.

* Video Recording: AVC.

* Format Gambar yang Didukung: JPEG, PNG, BMP, GIF.

* Output kamera: JPEG.

* Baterai: 2.525 mAh (tidak bisa dilepas).

* Isi kotak:
1x OnePlus X
1x Micro-USB cable
1x Charger
1x Protective case
1x SIM tray ejector
1x Quick start guide
1x User guide

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

apa beda ceramic dan onyx? bukannya bahan ceramic lebih mudah pecah apabila jatuh? thx

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Stevanus Zico. Kalau Ceramic menggunakan bahan dasar keramik, sedangkan Onyx menggunakan bahan dasar kaca. Ceramic tidak mudah pecah, karena bahan keramik disini pasti beda dengan keramik yang dibuat untuk lantai.