Jumat, 20 November 2015

Cara Backup Data Smartphone Android Lewat Akun Google

Gambar ikon Android sedang melakukan sync.

Setelah pada artikel sebelumnya Saya ulas mengenai bagaimana cara membackup data daftar telpon ke dalam format vCard, maka sekarang Saya ingin menjelaskan bagaimana cara membackup data yang ada di smartphone Android Anda dengan memanfaatkan akun Google yang Anda miliki.



Tiap kali Anda berganti smartphone Android, hal yang paling penting menurut Saya adalah berkelanjutannya data yang telah Anda miliki di smartphone Android lama Anda agar berpindah semua ke smartphone Android yang baru.

Sebenarnya ada hal yang paling mudah, dimana Google telah membuat Anda secara tidak sadar dimudahkan dalam hal memindah data ini. Anda coba ingat, tiap kali Anda akan memasuki smartphone Android yang baru, biasanya Anda akan diminta untuk membuat akun Google yang baru ataupun kalau sudah punya akun Google sebelumnya, Anda akan dibawa untuk login menggunakan akun Google tersebut.

Selanjutnya setelah berhasil login, maka Anda dapat cek di menu settings atau pengaturan, kemudian Anda masuk ke opsi akun, lalu cari Google, nah di dalam situ Anda akan menemukan cukup banyak opsi dengan kotak centang disebelah kanannya, dari yang nama nya kontak, gmail, chrome, playbooks, movie, kalender, dll. Guna nya itu semua adalah untuk melakukan sync atau backup antara smartphone Android Anda dengan cloud storage milik Google. Jadi arti nya, jika Anda memasukkan daftar kontak baru, maka akan secara otomatis pula Google akan membackup nya. Juga demikian hal nya jika Anda menambahkan bookmark pada aplikasi Google Chrome, juga menambahkan sebuah catatan pada kalender, maka secara otomatis kesemuanya itu akan otomatis di backup ke server Google.

Nah, ini enak nya jika Anda ingin ganti ke smartphone Android yang baru, Anda cukup mencentang semua atau beberapa opsi yang ada di akun Google di dalam menu settings Android, kemudian Anda remove atau hapus akun Google di smartphone lama Anda, lalu Anda login atau sign in ke smartphone Android yang Baru, lalu Anda masuk ke menu settings untuk mencari akun Google Anda, kemudian Anda centang semua atau beberapa opsi yang ada. Tunggu hingga selesai proses nya, kemudian Anda cek di buku telpon, chrome, kalender Anda, dapat dipastikan semua data yang Anda miliki sudah terpindah semua dengan sempurna.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar: