Sabtu, 12 Desember 2015

Solusi Mengatasi Masalah Push Notification Pada Xiaomi MIUI 7

Gambar logo dari MUIU 7 milik Xiaomi.

Xiaomi baru saja memperkenalkan serta membagi MIUI 7 untuk smartphone hasil produksi nya. Dengan embel-embel lebih stabil, hemat baterai, halus, efisien, serta masih banyak lagi lainnya. Akan tetapi, ternyata jikalau Anda tidak cermat atau jeli dalam mendalami menu atau opsi apa saja yang ada di dalam smartphone Xiaomi Anda, alhasil, yang pada awalnya senang karena sudah dapat MIUI 7, menjadi sebaliknya, Anda akan menggerutu karena ternyata ada beberapa hal atau proses yang tidak berjalan sebagaimana mestinya.



Untuk bahasan kali ini, Saya ingin menjelaskan mengenai masalah notifikasi pada MIUI 7. Apakah Anda pengguna smartphone Xiaomi yang pernah mengalami masalah pada saat menggunakan "push notification" atau sederhana nya adalah tidak munculnya notifikasi pada aplikasi yang menggunakan internet, yang mana dikirimkan dari pihak luar ke smartphone Anda. Sebagai contoh, notifikasi WhatsApp tidak muncul, padahal ada yang mengirim pesan ke Anda, notifikasi tersebut baru muncul jikalau aplikasi WhatsApp tersebut Anda buka. Atau contoh yang lain, jikalau Anda pernah memasang aplikasi online shop, biasanya pihak online shop akan cukup sering mengirim pesan berupa notifikasi ke smartphone Anda, baik itu dalam rangka ada promo atau pengumuman yang lainnya. Nah, ternyata aplikasi online shop Anda tidak pernah memunculkan notifikasi sama sekali.

Nah, ternyata, setelah Saya pelajari serta mencari akar permasalahan nya, Saya menemukan penyebab dari permasalahan yang ada. Pada dasarnya MIUI 7 ini memiliki kelebihan pada kemampuannya untuk membersihkan RAM atau aplikasi yang sedang terbuka di "recent apps" secara otomatis. Akan tetapi, karena otomatis tersebut, menjadikan hampir semua aplikasi akan secara cepat tertutup. Padahal, agar smartphone dapat menerima notifikasi dari aplikasi yang ada, syarat nya ada dua, yakni Anda tidak boleh sign out dari aplikasi yang ada serta aplikasi tersebut masih berjalan dibelakang layar. Maka dari itu, solusi untuk mengatasi hal-hal tersebut diatas akan Saya pisahkan menjadi dua hal, yakni:

A. Cara agar aplikasi muncul secara otomatis tiap kali tertutup dibelakang layar.

1. Pertama-tama Anda masuk ke menu "settings" pada smartphone Xiaomi Anda.

2. Kemudian setelah berhasil masuk, Anda cari opsi "System apps", lalu masuklah didalamnya.

3. Selanjutnya Anda cari pilihan "Security".

4. Lalu setelah masuk "Security", Anda tuju ke opsi "Manage shortcuts".

5. Setelah Anda masuk ke "Manage shortcuts", Anda pilih Permissions menuju posisi aktif.

6. Berikutnya Anda kembali ke "home screen", dimana ada wallpaper dari smartphone Anda beserta ikon-ikon aplikasi, carilah ikon "permissions", lalu klik lah. Kemudian Anda pilih "Autostart".

7. Nah, didalam sana, Anda akan menjumpai hampir seluruh aplikasi yang Anda install sebelumnya. Tugas Anda sekarang adalah memilih aplikasi mana saja yang sekiranya Anda butuhkan notifikasi nya. Seperti WhatsApp atau Line atau WeChat atau Lazada, dan lain sebagainya.

B. Cara aplikasi tidak akan dapat ditutup secara otomatis dibelakang layar.

1. Pertama-tama Anda sentuh tombol "recent apps" yang letaknya dibawah (sebelah kiri tombol "home").

2. Kemudian Anda cari aplikasi yang baru saja Anda buka, yang juga Anda inginkan untuk dikunci. Jikalau Anda tidak dapat menemukan, maka Anda buka terlebih dahulu aplikasi yang Anda inginkan, lalu kembali ulangi poin pertama.

3. Setelah Anda temukan aplikasi yang Anda maksud, maka Anda geser ke arah bawah, maka akan muncul ikon gembok kecil di ujung aplikasi. Maka berarti, aplikasi yang telah Anda gembok tersebut tidak akan hilang jika Anda jalankan aplikasi pembersihan RAM.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar: