Senin, 24 Agustus 2015

Perbedaan Layar Smartphone OGS Dengan Gorilla Glass

Gambar lapisan penyusun layar pada smartphone.

Artikel kali ini adalah yang pertama buat Saya, semoga dapat membawa kebaikan serta manfaat untuk artikel-artikel yang berikutnya. Amin.

Beberapa waktu belakangan ini, sering kali Kita jumpai smartphone menengah ke atas (salah satu nya Xiaomi mi 4i) menggunakan OGS Glass pada layar nya, sebenarnya apa sih OGS Glass itu? Dan apa beda nya dengan yang sering kali Kita jumpai selama ini, yakni Corning Gorilla Glass?

Yang pertama akan Saya bahas adalah OGS Glass terlebih dahulu, OGS sendiri adalah singkatan dari One Glass Solution. Ini merupakan teknologi layar pada smartphone yang cukup baru dan sudah mulai sering dipakai oleh beberapa pabrikan smartphone.

Dahulu, biasanya teknologi layar sentuh memiliki 3 bagian lapisan, yang pertama adalah layar LCD, kemudian lapisan berikutnya adalah touch screen, dan yang terakhir paling atas adalah kaca pelindung. Nah, diantara LCD dan touch screen inilah terdapat jarak berisi "bantalan" udara.

Dengan sistem kerja seperti itu, maka akan membuat layar menjadi cukup tebal, serta dengan adanya "bantalan" udara akan membuat cahaya dari LCD banyak tersaring, sementara di lain sisi, cahaya dari luar akan dengan mudah terpantul. Maka dengan teknologi seperi itu, akan membuat layar sulit terlihat dibawah terik cahaya matahari ataupun sinar terang lainnya.

Dengan sistem kerja OGS Glass ini, maka akan membuat kaca pelindung dengan touchscreen menjadi satu kesatuan. Yakni dengan cara melapiskan Indium Tin Oxide dibawah kaca pelindung untuk membentuk pola elektroda yang peka terhadap sentuhan, dan langsung direkatkan di atas LCD, tanpa ada lagi bantalan udara diantara keduanya.

Maka, dengan hilangnya lapisan touchscreen dan bantalan udara, layar menjadi jauh lebih tipis, serta dengan tidak adanya bantalan udara membuat cahaya dari LCD tidak lagi tersaring, dan pantulan cahaya dari luar sangat berkurang.

Berikutnya adalah Corning Gorilla Glass, Gorilla Glass ini sendiri dibuat oleh perusahaan Corning, adalah cara pengolahan dari kaca pelindung (bagian paling luar dari layar sentuh) untuk mengubah kaca pelindung yang tipis yang mudah pecah tersebut, menjadi jauh lebih kuat melalui proses thermal dan kimiawi.

Corning Gorilla Glass sendiri ada beberapa seri, dari seri 1 hingga seri 3 yang mana fokus pada pemberian lapisan pada kaca pelindung untuk membuatnya lebih tahan gores, sementara yang terbaru adalah Gorilla Glass seri 4 , dimana selain membuat layarnya tahan gores, tetapi juga lebih tahan terhadap benturan.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.