Senin, 07 Desember 2015

Solusi Mengatasi Smartphone Android Sering Restart Sendiri

Gambar ikon android sedang error.

Meskipun sistem operasi Android merupakan yang paling terkenal dan paling banyak digunakan saat ini, ternyata masih belum terlepas dari beberapa masalah pemrograman atau biasa dengan bug software.

Seperti hal nya yang akan Saya bahas kali ini, yakni masalah yang cukup sering dijumpai, yakni smartphone Android tiba-tiba melakukan restart sendiri. Restart terjadi dapat diakibatkan oleh dua hal, yakni yang pertama restart normal, dimana terpaksa dilakukan karena bertujuan untuk melindungi hardware dari kerusakan yang lebih lanjut, serta yang kedua restart abnormal, dimana dalam kondisi tertentu seharusnya tidak harus restart, tetapi koq tetap melakukan restart.



Maka, tidak usah berlama-lama lagi, Saya akan menjabarkan satu persatu hal-hal apa saja yang dapat menjadi faktor pencetus serta apa solusinya untuk mengatasi hal tersebut.

1. Hanya disebabkan oleh satu saja aplikasi atau game yang bermasalah

Biasanya, setiap aplikasi atau terutama game yang dibuat oleh pihak pengembang atau developer software, diperuntukkan pada smartphone dengan spesifikasi tertentu atau terbatas, dengan standar minimal yang dapat menjalankannya. Nah, akan menjadi masalah jikalau ternyata smartphone Anda memiliki spesifikasi dibawah dari yang dibutuhkan oleh aplikasi atau game tersebut. Maka, jikalau kondisi tersebut terjadi, maka hampir dapat dipastikan akan membuat smartphone Anda melakukan restart setiap kali aplikasi atau game tersebut Anda jalankan. Proses tersebut adalah normal adanya, karena bertujuan untuk melindungi hardware dari smartphone Anda. Sebenarnya, Google Play Store itu sendiri dapat mendeteksi jenis smartphone Anda beserta spesifikasi nya, sehingga kecil kemungkinan jika ada aplikasi atau game yang di download dari Play Store akan mengakibatkan error pada smartphone Anda. Akan tetapi jika Anda terbiasa mendapatkan aplikasi atau game dari luar Google Play Store, atau yang biasa disebut dengan file dengan extensi (.apk), maka akan berisiko file tersebut dapat mengakibatkan error, karena ketidak mampuan untuk mengenal spesifikasi dari perangkat Anda.

Maka solusi nya adalah Anda hapus aplikasi atau game tersebut, kemudian Anda download lewat Google Play Store.

2. Disebabkan oleh beberapa aplikasi atau game yang bermasalah

Untuk poin kedua ini, kejadian nya mirip poin pertama, cuma bedanya proses restart dengan sendirinya terjadi pada saat menjalankan beberapa aplikasi atau game. Nah, kalau hal ini terjadi, maka Anda patut untuk menaruh curiga bukan pada aplikasi atau game per individu, melainkan adanya masalah pada sistem operasi itu sendiri.

Maka, langkah perbaikan yang dapat Anda ambil yakni dengan melakukan "factory data reset" pada smartphone Anda. Namun sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya Anda melakukan backup pada data-data penting yang ada di dalam smartphone Anda, karena dengan melakukan "factory data reset", maka smartphone Anda akan kembali pada kondisi awal, yang mana berarti semua data Anda akan terhapus secara keseluruhan. Lebih lanjut, jikalau proses tersebut telah selesai dan berhasil, maka langkah berikutnya adalah dengan melakukan install aplikasi atau game secara satu per satu dan bertahap, maksudnya disini adalah Anda setelah install satu aplikasi, kemudian tunggu beberapa saat, apakah aplikasi atau game yang baru Anda install tersebut menimbulkan masalah restart atau tidak, berikut seterusnya.

3. Bukan disebabkan oleh aplikasi atau game

Untuk poin ketiga ini, setelah Anda melakukan poin kedua ataupun smartphone dalam keadaan masih polos alias belum terpasang aplikasi apa pun, ternyata smartphone Anda mengalami masalah restart sendiri, maka Anda dapat mencurigai dua hal berikut ini:

3.1. Bug Software
Yang dimaksud dengan "bug software" disini adalah, adanya kekurang sempurnaan pada versi Android yang sedang terpasang.

Maka solusi yang dapat Anda ambil, adalah dengan melakukan proses update versi Android ke yang terbaru. Nah, jikalau setelah proses update tersebut berhasil, ternyata masalah restart sendiri telah menjadi berkurang ataupun hilang secara keseluruhan, maka dapat ditarik kesimpulan penyebab nya adalah "bug software".

3.2. Kerusakan Hardware
Akan tetapi jikalau pada poin 3.1 telah Anda coba, tetapi masih saja tidak berhasil menyelesaikan permasalahan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi kerusakan pada hardware smartphone Anda.

Maka satu-satunya solusi yang dapat Anda ambil yakni, dengan membawa smartphone Anda ke service center resmi terdekat jikalau masih dalam periode garansi, atau ke tempat servis umum jikalau sudah diluar masa garansi.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar: