Minggu, 11 Oktober 2015

Daftar Smartphone Yang Mendapatkan Update Android 6.0 Marshmallow

Gambar ilustrasi google android marsmallow.

Google baru saja selesai membagi Android versi terbaru 6.0 Marshmallow kepada pengguna smartphone Google Nexus, termasuk HTC dan Motorola, juga telah mengkonfirmasi bahwa lini smartphone Mereka akan sesegera mungkin mendapatkan sistem operasi Android terbaru, dengan diikuti rumor disekelilingnya.



Adapun fitur dari Android Marshmallow itu sendiri termasuk menjanjikan penurunan penggunaan baterai sekitar 30 persen dalam keadaan standby dan juga opsi kendali dari privacy dan juga permissions yang baru, yang mana membolehkan pengguna untuk mengatur aplikasi pihak ketiga didalam mengakses fitur tertentu. Ada juga yang dinamakan dengan "Google Now on Tap", dimana akan memberikan informasi tambahan mengenai segala sesuatu yang pengguna baca, dengar dan tulis, juga dapat diaktifkan lewat jalan menekan dan menahan tombol "home" beberapa saat.

Langsung saja akan Saya jelaskan, smartphone mana saja (Saya kelompokkan menurut pabrikan pembuat smartphone) yang akan dapat dipastikan mendapatkan update Android 6.0 Marshmallow:

* GOOGLE
Google sendiri sebenarnya tidak memiliki pabrik untuk membuat smartphone, akan tetapi Google disini biasanya bekerja sama dengan pabrikan lain untuk membuat smartphone Android sesuai dengan keinginan dan permintaan dari pihak Google, yang mana biasa disebut dengan sebutan "Nexus".

Kebanyakan (tetapi tidak semuanya) dari smartphone dan tablet Nexus milik Google akan mendapatkan update Android 6.0. Untuk Nexus 4 tidak akan mendapatkan update, demikian juga dengan jajaran sebelum tablet Nexus 7 (tahun 2013). Bagaimanapun, jajaran smartphone berikut akan mendapatkan Marshmallow, termasuk smartphone Nexus yang terbaru, dimana akan langsung terpasang Android 6.0.

>>> Nexus 5, Nexus 6, Nexus 7 (2013), Nexus 9, Nexus Player, Nexus 5X, Nexus 6P.

*HTC
HTC telah mengumumkan daftar smartphone yang akan mendapatkan Marshmallow, berikut daftar nya:

>>> HTC One M9, HTC One M8, HTC Desire 816, HTC One M9+, HTC One E9, HTC One E9+, HTC One ME, HTC One E8, HTC One M8 EYE, HTC Butterfly 3, HTC Desire 820, HTC Desire 826.

* MOTOROLA
Seperti hal nya HTC, Motorola juga membuat Google Nexus 6, dimana akan secara cepat akan mendapatkan upgrade Marshmallow. Selain itu, mengingat sejarahnya terdahulu, bahwa Motorola sendiri sempat dimiliki oleh Google, dimana user interface nya masih murni standar Google, maka lini smartphone nya hampir sebagian besar akan mendapatkan Marshmallow, dan berikut daftar lengkapnya:

>>> 2015 Moto X Pure Edition (3rd gen), 2015 Moto X Style (3rd gen), 2015 Moto X Play, 2015 Moto G (3rd gen), 2014 Moto X Pure Edition in the US (2nd gen), 2014 Moto X in Latin America, Europe and Asia (2nd gen), 2014 Moto G and Moto G with 4G LTE (2nd gen), DROID Turbo, 2014 Moto MAXX, 2014 Moto Turbo.

* LG
Meskipun LG sudah membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris, laporan telah berkembang sedemikian deras melalui terjemahan dari Bahasa Korea, yang mana mengindikasikan LG G3 dan LG G4 keduanya akan mendapatkan Android 6.0 Marshmallow, meskipun pada saat ini, dukungan hanya diberikan pada model untuk wilayah Korea saja, seperti LG G3 F400, dari pada untuk versi wilayah Eropa, seperti LG G3 D855.

* SAMSUNG
Samsung seperti biasanya agak lambat dalam merilis daftar smartphone yang akan dapat update ke Android "M", akan tetapi telah mengkonfirmasi bahwa akan segera mengumumkannya pada awal tahun depan. Untuk sekedar rumor yang beredar, smartphone Samsung yang akan mendapatkan update seperti: Galaxy S6, Galaxy Note 4, Galaxy Note 5, Galaxy Note Edge, Galaxy ALPHA, dan Galaxy Tab A.

* SONY (update)
Untuk pabrikan satu ini, telah dikonfirmasi secara resmi yang dapat Marshmallow adalah:
- Xperia Z5
- Xperia Z5 Compact
- Xperia Z3+
- Xperia C5 Ultra
- Xperia C4
- Xperia M4 Aqua
- Xperia M5
- Xperia Z4 Tablet


* HUAWEI (update)
Huawei merupakan pabrikan pembuat Google Nexus 6P, yang mana dapat dipastikan langsung tersemat Marshmallow, disamping itu ada beberapa yang sudah dapat dipastikan mendapatkan, seperti:
- Huawei P8
- Mate 7
- Mate S
- P8 Youth Edition
- P8 Max
- Maimang 4
- G7
- G7 Plus
- Honor 7
- Honor 7i
- Honor 6 dan 6 Plus
- Honor X2
- Honor 4X
- Honor Play 4C

* PABRIKAN LAINNYA
Pada saat ini, banyak sekali rumor yang berkembang untuk pabrikan lainnya, tetapi ada beberapa berita yang hampir dapat dipastikan kebenarannya, seperti lini Asus Zenfone 2 akan mendapatkan update Marshmallow, demikian juga untuk beberapa pabrikan lainnya, seperti Xiaomi serta OnePlus.

* ANDROID ONE
Untuk program Google yang dinamakan sistem operasi "Android One", hampir dapat dipastikan bahwa sebagian besar akan mendapatkan update ke Android 6.0 Marshmallow, seperti dari pabrikan Mito, Evercross, dll.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar: