Rabu, 28 Oktober 2015

Keuntungan Dan Kerugian Yang Didapat Setelah Rooting Android

Gambar ilustrasi ikon android dengan root.

Melanjutkan artikel terdahulu, sebenarnya dengan Kita melakukan Rooting pada smartphone Android, Kita akan mendapatkan cukup banyak kemampuan positif yang mana tidak akan pernah Kita dapatkan sebagai user biasa. Akan tetapi disamping itu, Anda harus bersiap terhadap efek samping dari proses Rooting tersebut, maka dari itubdibutuhkan kemampuan tingkat mahir, dikarenakan pengguna akan dapat memiliki banyak kemampuan baru yang dapat membahayakan sistem operasi. Maka khusus artikel kali ini, akan Saya kupas satu persatu secara lebih mendetail, agar Anda dapat menimbang dan mengambil keputusan dengan tepat.



>>> Keuntungan Root

* Menjalankan aplikasi yang membutuhkan izin sebagai Admin.

* Menjalankan aplikasi lainnya yang tidak dapat dilakukan oleh pengguna Android pada umumnya.

* Dapat melakukan penghapusan dan penggantian secara lengkap sistem operasi dari smartphone Android, yang mana biasanya diganti dengan sistem operasi terbaru yang telah ada.

* Setelah Rooting, Kita bisa lebih bebas mengelola aplikasi, seperti  menginstall aplikasi di SD Card dan menghapus aplikasi bawaan yang tidak diinginkan.

* Pemindahan aplikasi secara keseluruhan menuju memori eksternal maupun SD card bisa dilakukan melalui proses Rooting ini.

* Kita bisa mengubah tampilan smartphone Android lebih bebas, seperti mengubah tampilan status bar, mengontrol status lampu, atau mengkalibrasi input pada sentuhan.

* Anda bisa melakukan overclock pada smartphone Android Anda, sehingga performanya menjadi jauh lebih baik, responsif, dan cepat. Adapun efek sampingnya adalah berupa panas berlebih yang bisa berpengaruh pada ketahanan smartphone.

* Android pada dasarnya berbasis open source, sehingga banyak developer membuat custom ROM yang dibagikan secara gratis. Kalau Anda kurang suka dengan Android stock ROM (bawaan pabrik), maka Anda bisa coba berbagai custom ROM tersebut.

* Root pada Android juga memungkinkan pengguna untuk membackup data pada perangkat secara penuh meliputi kontak, setting, SMS, dan lain sebagainya.

* Dengan adanya iklan pada aplikasi memang developer dapat mendapatkan pemasukan. Tapi pemilik peralatan akan sedikit terganggu, karena akan memakan data dan baterai. Jika Anda ingin menghilangkannya, dapat memakai aplikasi seperti AdBlock Plus, dan Ad Away sebagai pilihan terbaik.Tentu saja, jika Anda tidak melakukan root, pakailah opsi airplane mode untuk menghilangkan iklan tersebut.

>>> Kerugian Root

* Akses untuk masuk ke dalam sistem yang dibuka secara penuh, memungkinan virus atau malware untuk menyerang lebih mudah pada smartphone Android Anda. Terutama jika Anda terbiasa menginstall aplikasi tidak dari Google Playstore.

* Sebelum Anda melakukan Rooting, Anda harus tahu bahwa proses ini akan menghanguskan garansi pada smartphone Android Anda. Jika Anda masih sayang dengan masa garansi ponsel Android yang Anda gunakan, sebaiknya Rooting dilakukan setelah jaminan Garansi sudah habis.

* Dengan Anda melakukan Rooting, maka persentase Anda merusak sistem Android akan meningkat secara signifikan, karena Anda bebas melakukan apapun terhadap sistem.

* Jika Anda melakukan Rooting pada smartphone Anda tanpa menggunakan flashing a custom ROM, maka Anda akan tetap mendapatkan update seperti biasanya, dan dengan memasang update tersebut maka akan menghapus root yang telah Anda lakukan sebelumnya. Jika Anda melakukan proses flashing a custom ROM, Anda tidak akan mendapatkan update sistem secara resmi. Tapi Anda akan tetap mendaptkan update sistem dari pembuat custom ROM yang telah Anda pasang. Yang mana aman untuk di download.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar: