Jumat, 30 Oktober 2015

Sejarah Perkembangan Pabrikan Smartphone OnePlus

Gambar logo dari OnePlus.

OnePlus berdiri pada tanggal 16 Desember 2013 oleh Presiden dari Oppo yakni Pete Lau dan Carl Pei. Adapun tujuan utama dari didirikannya OnePlus adalah membuat Smartphone dengan kualitas kelas atas tetapi dengan harga yang lebih murah dibandingkan pesaing setingkatnya, serta memiliki tagline "never settle", dimana memiliki maksud bahwa pengguna smartphone yang sedang menggunakan produk pesaing akan menjadi tidak kerasan atau tidak betah lalu akan pindah ke OnePlus.



Lau menjelaskan bahwa "Kami tidak hanya akan sekedar berbeda. Semuanya yang telah diselesaikan akan menjadikan peningkatan secara terus menerus dalam pengalaman pengguna dalam sehari-hari." Selain berkualitas, Dia juga fokus kepada produk yang user-friendly serta kesederhanaan.

Pada awal mula nya, OnePlus melakukan kerja sama dengan pembuat custom ROM yang terkenal, yakni CyanogenMod. Dengan produk pertama hasil kerja sama tersebut yakni OnePlus One, yang diperkenalkan pada tanggal 23 April 2014. Adapun hambatan terjadi pada saat pemasaran di negara India, dimana ada masalah mengenai hak cipta dari CyanogenMod. Yang mana pada akhirnya OnePlus mencoba mengembangkan ROM sendiri yang baru dengan nama Oxygen OS, yang mana sebenarnya mirip dengan CyanogenMod akan tetapi buatan OnePlus sendiri. Yang mana untuk pengiriman terbaru ini akhirnya menanggalkan logo Cyanogen dari backcover serta kotak nya untuk menyederhanakan pembuatan.

OnePlus sendiri pertama kali berjualan smartphone di wilayah Asia Tenggara, bekerja sama dengan Lazada Indonesia pada tanggal 23 Januari 2014 dan diharapkan pada tahun yang sama akan berkembang ke negara-negara sekitarnya.

Pada April 2014, OnePlus mengangkat Han Han sebagai duta produk khusus di wilayah Tiongkok Daratan. Kemudian pada tanggal 9 Maret 2014, perusahaan berkeputusan untuk melebarkan operasi nya ke semua negara di Eropa, yang mana hingga saat ini telah masuk ke 35 negara dan wilayah di seluruh dunia. Kemudian pada Oktober 2015 ini, OnePlus telah masuk ke negara-negara berikut ini: Austria, Belgium, Bulgaria, Canada, China, Croatia, Cyprus, Czech Republic, Denmark, Estonia, Finland, France, Germany, Greece, Hungary, India, Indonesia, Ireland, Israel, Italy, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Malaysia, Malta, Netherlands, Poland, Portugal, Romania, Spain, Slovakia, Slovenia, Sweden, the United Kingdom and the United States.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar: