Jumat, 16 Oktober 2015

Review, Spesifikasi, Dan Harga Xiaomi Redmi 2 Prime Di Indonesia

Gambar smartphone xiaomi redmi 2 prime.

Tidak beberapa lama berselang setelah meluncurkan Redmi 2, Xiaomi langsung meluncurkan smartphone kelas menengah yang disebut dengan Redmi 2 Prime. Model terbaru ini, yang mana dapat disebut sebagai variasi dari pada disebut sebagai mengganti secara keseluruhan dari Redmi 2. Dimana untuk Redmi 2 memiliki harga sekitar Rp.1,6 jutaan, sedangkan untuk Redmi 2 Prime memiliki harga Rp.1,8 jutaan. Dimana Anda dapat membelinya di online shop terkemuka, diantaranya: Online Shop 1Online Shop 2Online Shop 3.


Xiaomi merupakan perwakilan dari era smartphone canggih tapi berharga miring, nah kali ini, yang sebelumnya didahului oleh peluncuran Xiaomi Mi 4i (menggunakan prosesor buatan Qualcomm), saat ini meluncurkan smartphone dengan prosesor milik Mediatek yang diberi nama Xiaomi Redmi 2 Prime, dimana keduanya merupakan smartphone Xiaomi yang pertama kali dibuat diluar negara China, yakni tepatnya di negara India. Dimana dibuat oleh pabrik perakitan Foxconn.

* Kesan pertama
Dilihat pada desain luar-nya, sebenarnya hampir tidak ada beda nya antara Redmi 2 Prime dengan pendahulunya yakni Redmi 2. Dengan layar IPS 4,7", resolusi nya 1280x720 HD dengan 312 pixels per inch (PPI). Ada kesan pertama yang tidak umum, yakni penempatan LED untuk notifikasi yang terletak di sebelah kanan bawah didekat tombol "home". Berikutnya tombol power dan volume terletak di sebelah kanan, audio port 3,5mm terletak di bagian atas, kemudian Micro-USB charging dan port data terletak dibagian bawah. Dengan tekstur dof, cukup nyaman untuk dipegang. Untuk kamera bagian belakang nya, terletak di bagian tengah agak keatas, dengan didampingi lampu flash, berikutnya loudspeaker dan microphone kedua terletak disekitarnya. Ada juga tempat untuk slot 2 micro SIM card dan microSD terletak dibagian samping. Oya, Anda diharuskan terlebih dahulu melepas baterai jikalau akan memasukkan atau mengambil SIM card.

* Spesifikasi dan Software
Spesifikasi dari Redmi 2 prime dapat dikatakan cukup identik dibandingkan dengan Redmi 2, selain ada nya peningkatan pada besaran RAM dan memori internal. Prosesor nya menggunakan Qualcomm Snapdragon 410 1,2GHz yang diintegerasikan dengan GPU Adreno 306, dengan prosesor jenis Cortex-A53 dimana lebih cepat 30% pada saat browsing dan 50% lebih bagus performa CPU nya dibandingkan pendahulunya yakni Cortex-A7. Kabar baik nya, ada peningkatan pada beberapa sisi dibandingkan dengan Redmi 2, seperti yang sebelumnya RAM 1GB sekarang menjadi 2GB, kemudian memori internal nya mengalami peningkatan dari yang sebelumnya 8GB sekarang menjadi 16GB, dan yang terakhir juga berjalan di arsitektur 64-bit, dimana prosesnya serta pemakaian memeori nya lebih efisien jika dibandingkan dengan 32-bit. Disamping ada peningkatan, ada juga beberapa poin yang masih tetap, seperti: Layar nya masih seluas 4,7 inch 720x1280, dengan kamera belakang sebesar 8 megapixel serta kamera depan sebesar 2 megapixel. Baterai-nya juga sebesar 2.200 mAh, dengan fitur quick charge 1.0, dimana baterai dapat terisi sebanyak 30% dalam waktu 30 menit.

Berikutnya sudah mendukung 4G pada kedua SIM card nya, juga ada Wi-Fi, Bluetooth 4.0, GPS, dan radio FM. Selain itu dapat membaca penyimpanan USB On The Go. Didalam kemasannya, Anda juga akan mendapatkan kabel USB, tapi tanpa ada headset atau yang lainnya. Untuk sistem operasi nya, Xiaomi pada setting paket pembelian awalnya, hanya berjalan di Android 4.4.4 serta MIUI 6, hal ini cukup mengecewakan menurut Saya.

* Performa
Xiaomi Redmi 2 Prime untuk pemakaian sehari-hari tidak ada masalah pada daya tahan baterai nya, akan tetapi untuk animasi user interface nya lama kelamaan menjadi lambat dan timbul "lag". Untuk tombol kapasitif nya yang terletak dibagian bawah, seperti tombol "home" cukup terlihat pada siang hari, akan tetapi menjadi masalah pada malam hari, Kita harus meraba-raba karena tidak adanya lampu backlight. Untuk pencahayaan layarnya cukup memuaskan dengan harga yang harus dibayarkan.

Hasil benchmark dari Redmi 2 prime tidak beda jauh dengan Redmi 2, Antutu (20.811), Quadrant (10.908), GFXBench (9,6fps), 3DMark Ice Storm (5.310).

Kemudian performa pada saat dipakai menjalankan game, cukup stabil, cuma dalam periode agak lama akan terasa hangat di badan smartphone. Untuk speaker, suara cukup keras tapi tidak seimbang antara bass dan treble, kualitas panggilan bagus, dan daya tahan baterai standar. Untuk kualitas hasil kamera termasuk bagus jika melihat pada harganya.

* Kesimpulan
Menurut pendapat Saya, dengan rentang harga sekitar Rp.1,8 jutaan, kemampuan secara keseluruhan cukup lumayan, dengan kelebihan dan pada dual sim 4G LTE, 64-bit, RAM 2GB, memori internal 16GB, patut Anda pertimbangkan. Akan tetapi, jika Anda masih ada budget lebih, tidak ada salahnya mencoba alternatif diatasnya, seperti Xiaomi Redmi Note 2 dengan harga sekitar 1,1 jutaan, atau harga diatas nya lagi yakni Lenovo A7000 Special Edition dengan harga sekitar 2,4 jutaan.
Berikut spesifikasi lengkapnya:
  • Teknologi: GSM / HSPA / LTE.
  • Dimensi: 134 x 67 x 9 mm (5.28 x 2.64 x 0.35 in).
  • SIM: Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by).
  • Jenis layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors.
  • Ukuran layar: 4.7 inches (~67.8% screen-to-body ratio).
  • Resolusi layar: 720 x 1280 pixels (~312 ppi pixel density).
  • Sistem operasi: Android versi 4.4.4 (KitKat).
  • Chipset: Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410.
  • CPU: Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53.
  • GPU: Adreno 306.
  • Memori eksternal: microSD hingga 32 GB.
  • Memori internal: 16 GB.
  • RAM: 2 GB.
  • Kamera belakang: 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash, video 1080p@30fps, geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR.
  • Kamera depan: 2 MP, 720p.
  • Bluetooth: versi 4.0, A2DP, LE.
  • USB: microUSB versi 2.0, USB Host.
  • Fitur: Fast battery charging (Quick Charge 1.0) 30% dalam waktu 30 menit.
  • Baterai: Li-Po 2200 mAh battery.


Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar: