Rabu, 25 November 2015

Review, Spesifikasi, Dan Harga Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Di Indonesia

Gambar smartphone Xiaomi redmi note 3.

Baru saja tanggal 24 November 2015 ini, bertempat di negara Tiongkok, CEO dari Xiaomi, Lei Jun memperkenalkan smartphone "flagship" tapi murah nya, yakni Xiaomi redmi note 3. Kenapa Saya sebut dengan "flagship"? Karena kali ini tetap menggunakan prosesor dengan standar flagship milik Mediatek, tetapi dengan harga yang sangat murah menurut Saya.



Maka kali ini, Saya ingin mengulas lebih lanjut mengenai smartphone Android yang baru ini hanya untuk Anda. Sebelumnya Saya akan sedikit mengulas mengenai sejarah Xiaomi memberikan nama pada smartphone nya. Dimana Xiaomi membagi lini smartphone nya menjadi dua bagian, ada yang disebut dengan lini Redmi, yang mana menggunakan prosesor buatan Mediatek (Redmi 1, Redmi 2, Redmi Note 1, Redmi Note 2, dll) dan juga ada yang disebut dengan lini Mi, yang mana menggunakan prosesor buatan Qualcomm (Mi1, Mi2, Mi3, Mi4, Mi4i, Mi4c, dll).

Xiaomi redmi note 3 merupakan generasi ke tiga dari lini redmi note. Akan tetapi untuk generasi ini, ada peningkatan beberapa fitur baru serta desain yang luar biasa. Disamping tetap ada benang merah dengan pendahulunya, seperti penggunaan proses yang sama serta luas layar yang tetap dipertahankan. Redmi note 3 ini sendiri adalah smartphone Xiaomi yang pertama kali menggunakan bodi metal serta menggunakan sensor sidik jari, dan juga disertai baterai terbesar yakni mencapai 4.000 mAh.

Xiaomi redmi note 3 ini memiliki dimensi 150 x 76 x 8.7 mm, dengan ukuran layar seluas 5,5 inch yang menjadikannya masuk ke dalam jajaran "Phablet" dengan posisi diantara telephone dengan tablet, yang mana ukuran ini sedang booming penjualannya, karena tidak terlalu kecil juga tidak terlalu lebar, pas. Dengan dibantu dengan tampilan IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, dengan resolusi layar full HD 1080 x 1920 pixels (~403 ppi pixel density), plus fitur sunlight display (yang menjaga tingkat kecerahan layar agar dapat terlihat jelas dibawah terik sinar matahari) menjadikannya sempurna.

Untuk berat nya sendiri, hanya lebih berat 4 gram jika dibandingkan dengan pendahulunya yakni Redmi note 2, hal ini cukup mengejutkan jika melihat bahan pembuat body atau badan smartphone yang terbuat dari metal. Untuk penggunaan bahan metal ini sendiri merupakan yang pertama dilakukan oleh Xiaomi. Adapun pilihan warna yang disediakan yakni: Silver, Gold, dan Dark Grey.

Untuk slot SIM nya telah mendukung 2 buah Micro-SIM dengan dual standby, serta memiliki kemampuan menangkap signal 4G LTE dari operator telekomunikasi.

Pada sistem operasi nya, sayang nya masih pada versi Android 5.1 (Lollipop), belum langsung ke versi 6.0 (Marshmallow). Untung nya masih terbantu dengan adanya MIUI 7 yang sangat bebas di kostumisasi.

Sedangkan untuk "otak" nya, memakai prosesor buatan Mediatek MT6795 Helio X10 Octa-core, dengan GPU PowerVR G6200. Serta memori internal disediakan dua pilihan, yakni sebesar 16 GB di kombinasikan dengan RAM sebesar 2 GB (dengan harga di Tiongkok Rp.1,9 juta) atau memori internal sebesar 32 GB dikombinasikan dengan RAM sebesar 3 GB (dengan harga di Tiongkok Rp.2,3 juta). Selain itu juga tersedia slot untuk microSD hingga kapasitas mencapai 128 GB.

Untuk disektor kamera, dimana yang sekunder memiliki 5 MP dengan 1.080p (dengan fitur beautify sebanyak 36 opsi), sedangkan untuk kamera primer nya 13 MP dengan 4128 x 3096 pixels plus fitur dual-LED (dual tone) flash, serta dapat merekam video 1080p@30fps.

Adapun beberapa fitur yang Saya rasa cukup menarik, selain telah mendukung USB on the go, smartphone ini juga telah menyediakan sensor sidik jari hingga 5 data sidik jari pada bagian belakang, hanya butuh waktu 0,3 detik untuk mengenali sidik jari Anda.

Dan yang terakhir adalah baterai nya yang lumayan jumbo, dimana kapasitas nya sebesar 4.000 mAh. Dijamin seharian Anda tidak terlalu bingung akan mencari charger, namun jika masih dirasa butuh baterai, Anda akan sangat terbantu dengan fitur fast charging, dimana untuk Redmi note 2 dengan kapasitas baterai 3.000 mAh, menurut pengalaman Saya, dalam tempo satu jam Anda akan mendapatkan tambahan daya sebesar 50%.

Kesimpulan dari Saya secara pribadi, yang layak mendapatkan gelar pabrikan smartphone "Flaghsip Killer" lebih tepat nya bukan One Plus, melainkan Xiaomi, dimana kalau One Plus Saya rasa kualitas produk nya memang bagus tetapi harga yang diberikan masih terlampau mahal, sedangkan Xiaomi masih konsisten dalam hal membuat smartphone yang bagus secara hardware, juga didukung software yang mumpuni, juga fitur MIUI yang selalu mendengarkan masukkan dari pengguna nya, dengan harga yang sangat murah. Jadi benar-benar akan membuat banyak pabrikan atau end user yang berpikir ulang dalam hal memproduksi ataupun membeli sebuah smartphone yang mahal. Ada apa harus mengeluarkan dana banyak, jikalau tersedia smartphone yang tidak kalah bagus tetapi harga nya terpaut jauh.

Khusus untuk xiaomi redmi note 3 ini, Saya sarankan Anda langsung membelinya jikalau sudah masuk ke Indonesia (kemungkinan besar awal tahun depan), biasanya harga tidak terpaut jauh dengan di negara asal nya. Saya juga menyarankan agar membeli nya lewat situs online yang ternama, agar tidak terlalu lama menunggu jikalau ingin membeli lewat toko tradisional.

ARTIKEL TERKAIT:



### Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 ###

* JARINGAN: GSM / HSPA / LTE

* BADAN:
>>> Dimensi: 150 x 76 x 8.7 mm (5.91 x 2.99 x 0.34 in).
>>> Berat: 164 g (5.78 oz).

* SIM : Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by).

* TAMPILAN:
>>> Jenis: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors.
>>> Ukuran: 5.5 inch (~72.4% screen-to-body ratio).
>>> Resolusi: 1080 x 1920 pixels (~403 ppi pixel density).
>>> Multitouch: Ya.

* PLATFORM:
>>> Sistem operasi: Android OS, v5.1 (Lollipop).
>>> Chipset: Mediatek MT6795 Helio X10.
>>> CPU: Octa-core.
>>> GPU: PowerVR G6200.

* MEMORI:
>>> Card slot: microSD, up to 128 GB.
>>> Internal: 16 GB, 2 GB RAM atau 32 GB, 3 GB RAM.

* KAMERA:
>>> Primary: 13 MP, 4128 x 3096 pixels, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash.
>>> Features: Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama.
>>> Video: 1080p@30fps.
>>> Secondary: 5 MP, 1080p.

* FITUR:
>>> MIUI 7.
>>> Sensors: Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass.
>>> Messaging: SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM.
>>> Fast battery charging.

* BATERAI:
>>> Non-removable Li-Po 4000 mAh battery.
>>> Stand-by: Up to 264 h (3G).
>>> Music play: Up to 60 jam.

* LAIN-LAIN:
>>> Bluetooth: versi 4.1, A2DP, LE.
>>> GPS: Ya, dengan A-GPS, GLONASS, BDS.
>>> Infrared port: Yes.
>>> USB: microUSB v2.0, USB On-The-Go.
>>> Warna: Silver, Dark grey, Gold.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar: