Jumat, 25 September 2015

Cara Memunculkan Menu Atau Opsi Developer Options Pada Smartphone Android

Gambar ilustrasi opsi developer options pada android.

Setiap smartphone Android sebenarnya memiliki serangkaian rahasia, yang biasanya disebut sebagai "Developer Options" atau bahasa Indonesia nya disebut dengan "opsi pengembang". Seperti nama nya itu sendiri, sebenarnya diperuntukkan bagi para pengembang Android itu sendiri atau Orang yang membutuhkan fungsi tambahan untuk melakukan uji pada software atau aplikasi yang mereka tulis untuk digunakan pada smartphone Android. Disana banyak tersedia banyak pilihan yang membolehkan Anda untuk melakukan simulasi terhadap kemampuan sebuah aplikasi ataupun untuk menyalakan opsi debugging itu sendiri.


Opsi "Developer Options" membolehkan Anda untuk mengaktifkan proses debugging lewat USB, meng-capture (memfoto) laporan tentang cacat (bug) software ke dalam smartphone Android Anda, dan menampilkan pemakaian CPU pada layar untuk tujuan mengukur dampak yang ditimbulkan pada software Anda.

Opsi "Developer Options" juga membolehkan Anda untuk menggambar informasi debugging pada layar, dan banyak informasi lainnya. Sebenarnya masih banyak opsi lainnya, yang mana akan Saya bahas pada artikel berikutnya. Baiklah, tanpa berpanjang lebar lagi, Saya akan menjelaskan bagaimana caranya untuk memunculkan opsi "Developer Options".

Opsi "Developer Options" tersedia pada semua smartphone Android, tetapi akan berbeda susunan sub menu atau opsi pada tiap pabrikan. Akan tetapi pada intinya, untuk tujuan baik, Mereka membuat Kita akan dengan sengaja dapat mampu mengakses opsi "Developer Options" tersebut. Berikut akan langsung Saya jelaskan urutan langkah yang harus Anda lalui untuk beberapa merek smartphone ternama, diantaranya:

1. Stock Android: Settings > About phone > Build number
2. Samsung Galaxy S5: Settings > About device > Build number
3. LG G3: Settings > About phone > Software information > Build number
4. HTC One (M8): Settings > About > Software information > More > Build number
5. Lenovo A7000 Special Edition: Settings > About phone > Device information > Build number

Sekali Anda dapat menemukan opsi “Build Number”, Anda langsung saja melakukan “Tap” atau sentuh secara berulang pada tulisan “Build Number” tersebut. Setelah sentuhan yang kedua, akan muncul notifikasi berupa tulisan kecil, yang akan berkata bahwa “Anda X langkah menjadi Seorang Developer atau Pengembang” dengan angka yang di hitung mundur bersamaan dengan Anda melakukan sentuhan tersebut. Setelah selesai, Anda akan dapat menemukan opsi “Developer Options” tersebut pada menu Setting > Developer options.

Jika Anda ingin melakukan hal sebaliknya, yakni menghapus kembali sub menu atau opsi “Developer Options” tersebut adalah mungkin, tetapi hanya pada beberapa merek tertentu saja. Untuk segala merek, Anda hanya bisa lewat jalan melakukan “Factory Data Reset”, dan untuk beberapa merek tertentu, Anda bisa lewat sub menu atau opsi “Extra Settings” tanpa harus menghapus semua data yang ada di smartphone Anda. Berikut akan Saya jelaskan langkah yang tersedia untuk beberapa merek smartphone saja.


Masuklah ke menu Settings > Apps > Settings, kemudian Anda pilih “Clear Data. Akan muncul sebuah notifikasi yang akan menanyakan konfirmasi dari Anda, kemudian tekan OK, dan Anda telah selesai.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar: