Kamis, 27 Agustus 2015

Solusi Mengatasi "Force Close" Pada Smartphone Android

Gambar icon android sedang error.

Pada artikel kali ini Saya ingin membahas mengenai masalah yang cukup sering dijumpai oleh pengguna Andoid, yakni pada smartphone Android nya sering kali terjadi force close. Kejadian force close tersebut, tidak hanya terjadi pada satu atau dua aplikasi, akan tetapi hampir terjadi pada semua aplikasi yang disimpan di memori eksternal maupun internal.

Permasalahan force close tersebut sebenarnya dapat timbul karena disebabkan oleh banyak faktor. Langsung saja Saya akan coba peta kan satu per satu, apa-apa saja yang dapat menjadi faktor pencetus beserta solusinya.


1. Force close kemungkinan disebabkan karena adanya ketidak cocokkan kompatibilitas versi dari aplikasi terhadap spesifikasi smartphone. Seperti aplikasi “A” mungkin cocok untuk versi Android Kitkat  misalnya, tapi akan menjadi bermasalah jika dijalankan di ICS atau kebalikannya. Hal ini dapat timbul akibat kebiasaan Kita yang seringkali menggunakan “sideloading” dengan menginstall APK nya secara langsung, sehingga masalah kompatibilitas tidak terfilter dengan baik. Maka solusi yang dapat Kita ambil adalah dengan menginstal langsung aplikasi dari Google PlayStore, sedikit banyak akan membantu menghindari permasalahan ini.

2. Akibat dari ketidak tahuan, serta kebiasaan yang salah kaprah, dapat juga menjadi penyebab timbulnya force close ini. Karena Kita melihat memori internal penuh, lalu Kita dengan seenaknya memindahkan sebagian folder dari memori internal ke memori eksternal, tanpa tahu folder tersebut dibutuhkan oleh aplikasi tertentu untuk berjalan. Maka pada saat aplikasi tersebut dijalankan, yang seharusnya membaca file-file yang ada di folder di memori internal, folder tersebut sudah tidak ada karena sudah dipindahkan dari tempat seharusnya berada, maka aplikasi tersebut akan force close. Solusi yang dapat Kita ambil dalah dengan mengembalikan satu persatu kembali folder-folder tersebut ke tempat asal nya. Akan tetapi jika Kita kesulitan mengingat satu persatu lokasi folder seharusnya berada, maka Kita dapat melakukan tindakan factory reset.

3. Selanjutnya, force close bisa timbul dikarenakan oleh keterbatasan nya RAM yang dimiliki dibandingkan aplikasi yang dipasang. RAM bisa Anda anggap sebagai 'jalanan' untuk membuka dan menjalankan aplikasi. Jika RAM terlalu penuh, karena banyak aplikasi jalan di sana, maka aplikasi yang tidak kebagian cukup tempat akan force close. Sebagai misal, untuk menjalankan aplikasi A dibutuhkan RAM 50 MB, sedangkan RAM yang tersisa tinggal 30MB, maka dapat dipastikan aplikasi A tersebut akan force close dengan sendirinya.


4. Bisa juga force close disebabkan karena kurangnya fasilitas hardware dari smartphone itu sendiri, misalnya ada aplikasi yang membutuhkan kamera depan, tetapi smartphone kita tidak memilikinya, maka ketika dijalankan akan tidak sesuai dengan parameter kebutuhan hardware-nya dan akan secara otomatis force close.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar: