Kamis, 12 November 2015

Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Mengisi Baterai Smartphone

Gambar ikon baterai Android sedang diisi.

Pada kesempatan kali ini, Saya ingin membahas mengenai bagaimana baterai sebuah smartphone dapat terisi hingga dapat digunakan sebagai sumber daya untuk membantu menjalankan berbagai kemampuan smartphone itu sendiri.



Belakangan ini, dengan semakin banyaknya kemampuan dari sebuah smartphone, maka dibutuhkan juga peningkatan dari kapasitas baterai pada sebuah smartphone, nah masalahnya, dengan perkembangan teknologi terkini, perkembangan penelitian baterai terlihat agak buntu, para peneliti kesulitan dalam membuat baterai smartphone yang ringkas tapi memiliki kapasitas yang banyak.

Maka dicarilah jalan keluar yang lain, yang mana salah satunya adalah dengan melakukan inovasi di bidang kecepatan pengisian baterai smartphone. Dengan semakin cepatnya proses pengisian, maka baterai dengan kapasitas yang terbatas akan cukup terbantu dengan kemampuan ini. Nah, selain itu ada beberapa faktor lain juga yang mempengaruhi kecepatan pengisian baterai smartphone, diantaranya:

* Seberapa banyak kapasitas arus listrik atau voltase yang dapat diterima oleh baterai smartphone Anda. Disini menjadi penting untuk diketahui, karena pada tiap baterai smartphone ada batas kemampuan tertentu untuk menerima arus listrik atau voltase dari sebuah charger, jadi meskipun Anda memiliki charger dengan kapasitas besar akan menjadi sia-sia saja kelebihan dari arus listrik atau voltase yang didapat dari selisih dengan kapasitas baterai smartphone itu sendiri.

* Seberapa banyak kemampuan dari charger untuk memberikan arus listrik atau voltase kepada baterai smartphone Anda. Yang dimaksud disini adalah akan menjadi kurang maksimal jikalau kemampuan dari charger untuk memberikan arus listrik atau voltase masih dibawah dari kapasitas yang dimiliki oleh baterai smartphone.

* Seberapa baik kualitas dari kabel USB yang Anda pakai untuk mengisi baterai smartphone Anda. Maksudnya disini adalah pastikan kabel USB Anda mampu menghantarkan arus listrik yang maksimal, yakni dengan pemilihan bahan yang bagus.

* Adakah kemampuan tambahan yang dimiliki oleh smartphone Anda, seperti "Quick Charge". Sistem "Quick Charge" sendiri adalah kemampuan dari sebuah prosesor smartphone untuk mendorong proses pengisian baterai smartphone menjadi jauh lebih cepat beberapa kali dari pada kondisi normal. Dimana "Quick Charge" sendiri sudah memasuki versi 3.0, dimana proses pengisian sebuah baterai pada smartphone dapat berjalan 4x lebih cepat jika dibandingkan dengan proses pengisian normal.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar: