Minggu, 30 Agustus 2015

Cara Membedakan Power Bank Yang Berkualitas, Asli, Dan Palsu

Gambar sebuah power bank untuk smartphone.

Sepanjang smartphone (terutama smartphone Android) belum mampu menemukan bagaimana dapat digunakan sepanjang hari dengan segala aktifitas, baik itu hanya sekedar mengetik, browsing, hingga melihat video streaming secara terus menerus sepanjang hari, maka apa yang dinamakan dengan “Power Bank” akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Power Bank sendiri merupakan sebuah baterai eksternal yang dapat diisi ulang serta dapat melakukan pengisian terhadap sebuah smartphone ataupun gadget lainnya. Power Bank ini sendiri merupakan solusi sementara untuk mendukung baterai smartphone yang masih belum optimal dalam melakukan berbagai macam kemampuan yang dimiliki oleh smartphone android itu sendiri.

Nah, yang jadi masalah adalah, belakangan ini, makin banyak pabrikan Power Bank yang menawarkan berbagai macam merek serta kualitas dengan harga yang menarik. Akan menjadi masalah jika Kita hanya memperhatikan faktor harga tanpa melihat kualitas yang diberikan serta daya tahan nya. Terkadang ada Power Bank yang mencantumkan kapasitas penyimpanannya sebesar 10.400 mAh, akan tetapi asli nya hanya mampu menyimpan sebesar 5.200 mAh. Masalahnya, untuk mengetahui besaran suatu Power Bank tidak lah sederhana (butuh kemampuan teknis lebih lanjut). Ada juga kemungkinan yang lebih buruk, yakni Anda mendapatkan sebuah Power Bank yang palsu. Maka dalam kesempatan ini, akan Saya jabarkan bagaimana cara membedakannya.


1. Sebisa mungkin biasakan Anda membeli Power Bank dengan merek yang Anda sudah kenal dengan reputasi yang baik di bidang per-baterai-an maupun peralatan listrik atau elektronik lainnya. Atau jika Anda ingin mencoba membeli merek-merek yang tidak terkenal, tidak ada salahnya Anda coba tanya kepada kenalan yang pernah memakainya maupun Anda coba cari di internet lewat mesin pencari Google tentang review merek tersebut maupun dalam forum-forum atau blog. Dari Mereka, Anda akan mendapatkan informasi yang tepat, apakah Power Bank tersebut dalam jangka waktu pemakaian yang lama masih berkualitas atau tidak.  

2. Usahakan sebisa mungkin belilah Power Bank di tempat yang memang authorized atau resmi dari merek tersebut. Atau setidaknya Anda mendapat jaminan dari penjualnya. Kebanyakan penjual tahu akan kualitas Power Bank yang Mereka jual.

3. Biasanya sebuah Power Bank yang baik mencantumkan baterai apa yang digunakan di dalamnya. Biasanya merek baterai didalam Power Bank yang baik menggunakan merek-merek terkenal dengan dibuat pabrikan besar seperti Samsung, Sanyo dll.

4. Merek Power Bank yang baik, biasanya berani memberikan garansi (minimal 6 bulan). Malah ada beberapa yang memberikan garansi selama satu tahun. Jangan malu bertanya tentang kepastian klaim garansi harus ke mana. Jika ditempat Anda beli berani memberikan jaminan untuk membawa Power Bank yang rusak tersebut kembali kepada Mereka untuk membantu garansi, itu lebih bagus. Sedangkan merek Power Bank yang hanya memberikan garansi hanya 1 bulan bahkan kurang, sebaiknya Anda lupakan saja. Berarti kemungkinan besar kualitasnya layak untuk dipertanyakan.

5. Berikutnya tentang harga yang ditawarkan. Ini merupakan masalah krusial yang membuat banyak orang membeli sebuah Power Bank yang keliru. Kalau di pasaran misalkan harga Power Bank dengan kapasitas 10.400 mAh rata-rata Rp.400ribu, ketika ada sebuah merek Power Bank dengan kapasitas yang sama tetapi harganya hanya setengahnya, Anda layak untuk curiga, mungkin kapasitasnya tidak benar, mungkin juga sistem keamanannya tidak terjamin.

6. Power Bank bukanlah sebuah barang dengan bobot yang ringan. Kebanyakan orang ingin memiliki Power Bank sekecil mungkin tapi dengan kapasitas sebesar mungkin. Ini merupakan khayalan semata. Kalau rata-rata Power Bank dengan kapasitas 10.400 mAh ukurannya cukup besar dan berat, tiba-tiba ada powerbank dengan kapasitas sama dengan berat yang menjadi hanya setengahnya atau jauh lebih ringan, Anda patut juga untuk memiliki rasa curiga. Meskipun dengan menggunakan baterai Lithium Polymer bisa membuat powerbank lebih tipis, tetapi tetap tidak sampai terlalu jauh ukurannya dari segi fisik. Bahkan ada beberapa kisah nyata, untuk hanya demi meraup untung, beberapa pembuat ataupun penjual Power Bank mengelabui pembeli, seringkali ada Power Bank yang isi baterainya sedikit, akan tetapi bobotnya besar dan berat karena diisi pasir.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar: