Rabu, 09 September 2015

Cara Merawat Baterai Smartphone Android

Gambar ikon baterai smartphone android.

Belakangan ini ada beberapa berita di media sosial, bahwa pemilik smartphone dengan merek tertentu ada yang jadi korban meletus nya baterai pada smartphone Mereka. Kadang meskipun tidak meletus, akan tetapi baterai mudah sekali habis atau drop. Hal ini menjadi permasalahan yang cukup mengganggu dalam aktivitas sehari-hari.

Maka pada kesempatan kali ini, akan Saya jelaskan tindakan serta kebiasaan apa yang dapat membantu merawat baterai smartphone Anda.


Untuk merawat baterai smartphone, Saya dapat kategorikan ke dalam dua macam, yakni secara hardware dan software.

*Secara perangkat keras

1. Hindari sebisa mungkin baterai atau smartphone Anda dari suhu ekstrem atau tinggi. Dapat disebut suhu tinggi jika memiliki suhu lebih dari 40 derajat celcius. Dengan suhu seperti itu, maka akan dapat menurunkan performa baterai secara signifikan. Jika terjadi terus menerus, bisa juga terjadi "thermal runaway", yaitu reaksi kimia berkelanjutan akibat dari tingginya suhu baterai yang pada akhirnya menyebabkan baterai menjadi meleleh atau meledak. Kebiasaan meninggalkan smartphone diatas dashboard pada saat berkendara di siang hari yang terik bisa menjadi pemicu yang signifikan.

2. Khusus untuk baterai smartphone yang bisa dilepas, harap Anda perhatikan saat membawa baterai cadangan, jangan sampai kutub-kutub baterai terhubung satu dengan yang lainnya. Hal ini bisa terjadi jika baterai dibawa di kantong dan disimpan bersama-sama dengan uang koin logam, klip, atau bahan metal lainnya. Hal ini berpotensi menyebabkan hubungan arus pendek atau korsleting.

*Secara perangkat lunak

1. Salah satu fitur pada smartphone yang paling banyak memakan daya baterai adalah GPS. GPS sendiri sebenarnya berguna sebagai petunjuk lokasi tepat smartphone berada, maka akan membutuhkan koneksi yang terus menerus atau simultan tiap saat. Maka sebaiknya jika Anda tidak terlalu perlu menggunakannya, ada baiknya matikan saja. Caranya, Anda masuk ke menu setting > location, lalu hilangkan tanda centang pada GPS Satellites.

2. Anda bisa juga melakukan kebiasaan untuk mematikan Wifi dan Bluetooth jika sedang tidak diperlukan. Untuk mengatur Wifi dan Bluetooth, Anda dapat mengakses dari menu Settings dan matikan Wifi atau Bluetooth pada layar yang tersedia.

3. Hindari sebisa mungkin penggunaan widget dan fitur-fitur tambahan yang menarik tetapi tidak terlalu penting seperti animated screen atau screen saver. Widget dan animated screen memang bagus tetapi kalau prioritas anda adalah waktu pakai smartphone yang lebih lama, maka sebaiknya jangan diaktifkan.


4. Biasakan Anda memasang kecerahan layar (brightness) seminimal mungkin tetapi Anda masih merasa nyaman, hindari memilih setting terlalu tinggi karena dapat menghabiskan baterai dan tidak baik kesehatan untuk mata Anda.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar: