Minggu, 13 September 2015

20 Aplikasi Wajib Ada Di Smartphone Android Tahun 2015

Gambar ikon aplikasi android.

Pada artikel kali ini, Saya ingin secara khusus membahas mengenai aplikasi-aplikasi apa saja yang menurut pendapat serta pengalaman Saya, wajib terpasang untuk pertama kali nya juga sebagai dasar yang mengisi smartphone Android baru Anda.


1. App Backup &  Restore (Infolife LLC)
Aplikasi ini berguna untuk mendapatkan file mentah (.apk) dari aplikasi yang telah terpasang pada smartphone Kita. Hal ini dapat bermanfaat sebagai "backup"  atau cadangan untuk aplikasi Kita jika dikemudian hari diperlukan untuk dipasang ulang ataupun untuk dibagikan ke smartphone lain untuk dipasang tanpa perlu download lewat Google playstore. Anda dapat menemukan file yang telah berformat (.apk) didalam folder "App Backup & Restore".

2. APUS (Apus Group)
Jika Anda ingin mengganti launcher bawaan dari pabrikan smartphone dengan yang lebih simpel, cepat, serta stabil, maka Apus Launcher ini patut Anda coba. Sepanjang pengalaman Saya menggunakan Apus Launcher ini, sungguh memuaskan, dalam catatan Saya, ini merupakan Launcher terlama yang pernah Saya pergunakan. Dibandingkan Launcher yang lain nya, sungguh banyak peningkatan setiap kali update nya, ada fitur tambahan yang otomatis menghemat daya baterai, juga ada fitur baru yang dapat lebih mengoptimalkan cara kerja dari smartphone.

3. BBM (BlackBerry Limited)
Aplikasi chating yang satu ini memang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, sejak dahulu masih tersedia di smartphone BlackBerry saja, hingga kini sudah dapat terpasang di segala sistem operasi, baik itu windows phone, android, hingga ios. Dengan ciri khas memiliki ikon "D" untuk mewakili telah terkirim dan "R" untuk mewakili telah terbaca, serta notifikasi "Ping" untuk mewakili penting.

4. Calculator Plus (Digitalchemy, LLC)
Sebenarnya di smartphone Android telah disediakan aplikasi kalkulator, tapi dengan tampilan yang sederhana juga fitur yang sangat mendasar. Maka untuk lebih memperkaya, ada baik nya Anda mencoba memasang aplikasi ini, fitur yang ada dalam tingkat menengah, tidak ada pilihan tombol yang jarang diperlukan.

5. CM Security (Cheetah Mobile)
Aplikasi ini merupakan Antivirus, dengan scan yang sangat cepat serta teliti. Anda dapat memilih apakah tiap kali Anda memasang suatu aplikasi langsung ter-scan secara otomatis atau tidak. Juga tersedia beberapa fitur tambahan, seperti application lock, dll. Dibandingkan dengan aplikasi Antivirus yang lain nya, Saya rasa ini adalah yang terbaik.

6. detikcom (PT. Agranet Multicitra Siberkom)
Aplikasi berita yang satu ini sangat berkualitas, baik itu dalam hal kecepatan, detail, analisa, serta akurasi nya. Tersedia secara gratis, dengan sedikit iklan banner dibawahnya, serta terletak di bagian tengah campur dengan berita. Layak untuk menggantikan kebiasaan Anda berlangganan koran secara tradisional.

7. Docs To Go (Data Viz, Inc)
Zaman sekarang, terutama sejak era Microsoft Office (Word, Excel, Power Point, dll), kehidupan Kita sulit terlepas dari aplikasi-aplikasi tersebut. Baik itu hanya untuk sekedar melakukan penyimpanan catatan harian Kita, hingga memanfaatkan nya untuk sesuatu yang menunjang dalam pekerjaan Kita. Maka dari itu, aplikasi ini menjadi penting untuk dipasang di smartphone Anda, agar Kita tidak hanya dapat membaca file Microsoft Office, akan tetapi dapat melakukan editing terhadap file tersebut. Dibandingkan dengan aplikasi lainnya, seperti office360 ataupun OfficeSuite, Docs To Go ini lebih stabil juga tampilan serta opsi nya paling mendekati Microsoft Office versi komputer. Dengan aplikasi ini terpasang di smartphone Anda, diharapkan Anda tidak hanya terpaku mengetik hanya di komputer seperti zaman sebelum adanya smartphone seperti saat ini. Oya, pengalaman Saya sendiri, isi dari blog ini, sebagian besar Saya ketik lewat media smartphone lho...

8. Dropbox (Dropbox, Inc)
Aplikasi ini merupakan penunjang bagi Anda yang ingin melakukan cloud backup, yang dimaksud dengan cloud backup sendiri adalah proses penyimpanan file di hard disk yang bukan selokasi dengan Kita yang mana prosesnya diperlukan koneksi internet. Hard disk disini biasanya terletak di penyedia server komputer nun jauh disana. Dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya, Dropbox inilah yang paling simple serta memberikan bonus kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

9. ES File Explorer (ES Global)
Aplikasi satu ini memiliki kegunaan mirip seperti windows explorer pada komputer. Dimana dengan bantuan aplikasi ini, yang awal nya Kita tidak dapat membuka isi folder di dalam memori internal serta eksternal, sekarang menjadi bisa. Dengan update terakhir, banyak kemampuan yang lengkap dimiliki aplikasi ini, dari hanya sskedar copy paste hingga kemampuan dalam melakukan ekstrak pada file berformat (.rar).

10. Evernote (Evernote Corporation)
Aplikasi ini memiliki kemampuan diantara notepad dengan Microsoft Word pada komputer. Dengan Evernote, Anda akan dimudahkan dalam menyimpan berbagai catatan sederhana lewat bantuan cloud storage yang dimiliki sendiri oleh Evernote. Evernote ini Saya rasa mirip dengan Microsoft Word, meski fitur yang dimiliki tidak selengkap Microsoft Word, tetapi Saya rasa Evernote ini unggul dalam kemudahan serta kesederhanaannya.

11. Messenger (Google Inc)
Biasanya jika Anda beli smartphone Android baru, maka Anda akan mendapatkan aplikasi untuk mengirim SMS hanya sebatas original atau sederhana bawaan dari Google sebagai default atau standar. Menurut Saya menjadi sebuah kewajiban bagi Anda untuk memasang aplikasi SMS yang juga dibuat oleh Google sendiri, yakni Messenger (bukan buatan Facebook). Banyak keunggulan yang akan Anda dapatkan dibandingkan dengan aplikasi SMS standar. Diantaranya, Anda akan mendapatkan tiap kontak Anda akan menjadi berwarna-warni, proses edit, pemilihan jamak, pengiriman pesan juga merupakan suatu nilai plus yang sulit didapat di aplikasi lainnya.

12. MX Player Pro (J2 Interactive)
Bagi Anda yang ingin mendapatkan suasana berbeda dalam menikmati sebuah klip hingga film, Anda dapat mencoba memakai smartphone Android Anda dengan didukung oleh aplikasi MX Player Pro ini. Dengan berbagai kelebihan yang disuguhkan, seperti: tersedianya berbagai ukuran rasio layar, subtitle, kunci layar, dll.

13. My Backup Pro (Rerware, LLC)
Aplikasi ini berguna untuk mendapatkan file backup dari kontak, sms, dll. Proses backup sendiri dilakukan secara offline alias tidak memerlukan koneksi internet. Kelebihannya terletak pada kemampuannya didalam menyimpan semua detail data yang ada. Kemudian mampu untuk mengambil kembali semua data yang telah tersimpan.

14. Poweramp (Max MP)
Meskipun aplikasi pemutar lagu ini berbayar, akan tetapi Anda tidak akan menyesal telah mengeluarkan sejumlah rupiah untuk membelinya. Menurut pengalaman Saya secara pribadi, ini adalah aplikasi pemutar lagu terbaik yang pernah ada, dengan opsi pengaturan equalizer yang lengkap, treble, bass, stereo, plus berbagai macam pilihan jenis musik. Sungguh disayangkan jika Anda tidak memilikinya.

15. Screen Off and Lock Donate (Katecca)
Pernahkah Anda gelisah mengenai ketahanan tombol power pada smartphone Anda, dikarenakan seringnya Anda pakai menyalakan serta memadamkan layar smartphone Anda? Jika Anda khawatir tombol power Anda tidak tahan lama akibat dari rutinitas tersebut, maka memasang aplikasi ini pada smartphone Anda merupakan suatu keharusan. Dengan aplikasi ini, Anda akan dapat setidaknya mengurangi hingga separuh rutinitas menekan tombol power Anda. Karena aplikasi ini berguna pada saat proses memadamkan layar smartphone, Anda tidak perlu menekan tombol power, cukup Anda gantikan dengan menekan tombol ikon dari aplikasi ini, otomatis layar smartphone Anda akan padam.

16. Shazam (Shazam Entertainment Limited)
Apakah Anda pernah suatu ketika sedang di luar rumah, lalu ada sebuah lagu yang menurut Anda enak, tetapi belum pernah Anda dengar sebelumnya, sedangkan Anda sangat penasaran siapa pembawa lagu tersebut serta judul nya. Nah, jika smartphone Anda sudah terpasang aplikasi ini, maka Anda cukup menekan sebuah tombol dengan syarat ada koneksi internet. Maka, akan secara otomatis, aplikasi ini akan membantu Anda mengenali lagu tersebut, dari penyanyi, judul, link youtube, sampai dengan album nya. Tidak sampai semenit, kebanyakan lagu akan terdeteksi dengan sempurna. Sungguh penemuan yang luar biasa menurut Saya.

17. Smart AppLock (Think Yeah Mobile)
Apakah Anda pernah khawatir akan aplikasi tertentu jikalau di otak-atik oleh Orang yang tidak berkepentingan atau malah yang melakukannya adalah Anak Anda sendiri. Nah, maka dari itu, saran Saya, Anda tidak ada salah nya memasang aplikasi ini pada smartphone Anda. Dengan berbagai macam pilihan kode pengaman, hingga pemilihan aplikasi mana saja yang akan diamankan.

18. SwiftKey Keyboard (SwiftKey)
Aplikasi keyboard buatan pihak ketiga ini merupakan suatu keharusan pada urutan yang pertama. Karena dengan Anda mengganti keyboard bawaan milik Google Android dengan SwiftKey ini, maka Anda akan banyak sekali mendapatkan keuntungan, diantaranya adalah Anda akan jauh lebih cepat dalam proses pengetikan, Anda juga akan dengan mudah untuk meng-enter suatu paragraf, serta ada beberapa ikon tambahan baru.

19. TubeMate (TubeMate)
Aplikasi satu ini adalah aplikasi terbaik untuk Anda yang ingin mendapatkan file video dari youtube, dengan cara yang sederhana, juga memberikan pilihan type file video, dari format suara saja (.mp3) hingga video high definition (.avi).

20. WhatsApp (WhatsApp Inc)

Dan aplikasi yang terakhir ini adalah aplikasi perpesanan sejuta sistem operasi, dari symbian, windows phone, android, hingga ios. Dengan kemampuan utama memiliki persamaan dengan SMS (karena bisa ke segala ponsel), sederhana, tanpa iklan, gratis lagi. Dengan proses penambahan kontak secara otomatis, dimana jika pada daftar kontak ada yang telah memasang WhatsApp pada ponsel nya, maka akan secara otomatis terdeteksi dan tercantum pada daftar kontak WhatsApp.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar: