Jumat, 11 September 2015

Penjelasan Mengenai Prosesor Pada Smartphone Android

Gambar ilustrasi otak pada smartphone.

Prosesor pada dasarnya dapat diibaratkan sebagai “otak” pada pada sebuah smartphone, meskipun dapat disebut dengan “otak”, akan tetapi pengaruhnya terhadap performa sebuah smartphone, tetap dipengaruhi oleh komponen-komponen lainnya.

Adapun beberapa pabrikan besar pembuat prosesor pada smartphone android saat ini diantaranya adalah Qualcomm, Samsung, Mediatek, Microsoft, dan masih cukup banyak lainnya.

Nah, sebagai orang awam, membeli sebuah smartphone terkadang akan membingungkan, pada umum nya, kebanyakan dari Kita akan dengan mudahnya menjatuhkan pilihan hanya berdasarkan pada iklan yang ditampilkan oleh pabrikan smartphone, atau yang agak paham akan didasarkan hanya pada hasil benchmark yang dihasilkan dari hanya satu aplikasi benchmark yang cukup terkenal, seperti Antutu, Quadrant Standard, Nenamark, dan masih banyak lainnya. Kemungkinan yang lainnya, hanya melihat pada jumlah inti (core) pada smartphone ataupun pada kecepatan clock speed yang dimiliki oleh prosesor.

Biasanya Kita akan beranggapan bahwa prosesor dengan inti lebih banyak pasti akan lebih cepat atau baik, demikian juga jika prosesor dengan clock speed lebih tinggi pasti lebih baik, padahal semua itu belum tentu menjamin performa secara keseluruhan pada smartphone. Terkadang ada hal lain yang membuat suatu prosesor lebih baik, salah satu nya adalah ukuran pabrikasinya, semakin kecil biasanya semakin baik (jika faktor lain sama).


Saran Saya, jika Anda ingin membeli sebuah smartphone baru, lakukan urutan langkah seperti dibawah ini:

1. Coba bandingkan hasil benchmark dari beberapa aplikasi penyedia benchmark, coba lihat diagram atau angka yang dihasilkan, amati smartphone mana yang memiliki harga cukup miring dengan kualitas yang cukup tetapi memiliki hasil benchmark yang cukup lumayan dibandingkan yang lainnya. Kenapa dari beberapa aplikasi benchmark bukannya satu saja, karena tiap aplikasi benchmark memiliki kecenderungan berbeda pada apa yang diujinya, ada yang lebih fokus ke performa prosesor, ada yang melihat sisi tampilan grafis nya, ada juga yang melihat performa suara nya, dll. Dengan bantuan beberapa aplikasi benchmark, Anda langsung mendapatkan gambaran performa keseluruhan dari sebuah smartphone.

2.  Berikutnya Anda sering baca review yang disajikan oleh website teknologi atau smartphone yang cukup terkenal, seperti gsmarena.com, techcrunch.com, engadget.com, tabloidpulsa.co.id, androindo.blogspot.com, dll. Dengan review yang disajikan, Anda akan dapat mengetahui performa sebuah smartphone tanpa Anda harus membeli nya terlebih dahulu, serta tanpa perlu membandingkannya dengan smartphone lainnya. Karena biasanya didalam review tersebut, akan disajikan secara menyeluruh dari kelebihan, kekurangan, desain, prosesor, kartu grafis, suara, dan masih banyak lainnya.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar: